Xi Jinping Ingatkan Joe Biden: Taiwan Adalah Inti dari Kepentingan China

Selasa, November 15, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Presiden AS Joe Biden bertemu dengan Presiden China Xi Jinping di sela-sela KTT G20 di Nusa Dua, Bali. Foto: Kevin Lamarque/REUTERS

Presiden China Xi Jinping akhirnya bertemu dengan Presiden Amerika Joe Biden secara langsung pada Senin (14/11). Pertemuan mereka terjadi di Bali jelang puncak KTT G20.
Xi mengatakan kepada Biden terkait masalah di Taiwan. Menurutnya, China adalah inti dari kepentingan China dan merupakan garis merah pertama.
"Pertanyaan Taiwan adalah inti dari kepentingan inti China, landasan politik dari hubungan China-AS, dan garis merah pertama yang tidak boleh dilanggar dalam hubungan China-AS," kata Xi dikutip dari Reuters.
China memandang Taiwan sebagai bagian tak terpisahkan. Namun Taiwan yang menolak klaim kedaulatan Beijing atas pulau itu.
Sementara Amerika Serikat dalam beberapa tahun terakhir sering dituding China mendorong kemerdekaan Taiwan.
Xi berjanji akan berbicara terus terang saat bertemu Biden. Sebab, China dan AS harus mendiskusikan berbagai masalah penting.
"Dunia berharap China dan AS akan mengelola hubungan dengan baik," ucap Xi.
Sedangkan Biden mengakui negaranya dan China terlibat persaingan. Namun, yang lebih penting adalah mencegah persaingan menjadi konflik.
"AS dan China harus mengelola perbedaan dan mencegah persaingan berubah menjadi konflik," tutur Biden.


Sumber : kumparan.com

0 comments: