19 Warisan Budaya Takbenda Sumbar Ditetapkan pada 2022

Selasa, Desember 13, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Sebanyak 19 Warisan Budaya Takbenda (WBTb) di wilayah Sumatera Barat resmi ditetapkan pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi pada tahun 2022.
Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi mengatakan, upaya perlindungan WBTb akan dilanjutkan untuk upaya pelestarian sehingga dapat memberi manfaat bagi masyarakat.

"Kami terus menggali dan melakukan inventarisasi warisan budaya yang dimiliki dan ini tugas bersama untuk melakukan pelindungan, pengembangan, pemanfaatan, dan pembinaan,” ungkap Mahyeldi dalam rilis resmi yang dikutip Langkan, Selasa (13/12/2022).
Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat Syaifullah turut menjelaskan tentang perlunya inventarisasi WBTb yang sudah ditetapkan tahun-tahun sebelumnya (tahun 2013) dan dijadikan evaluasi sejauh mana pemerintah kabupaten/kota telah berkomitmen melestarikan sesuai amanat Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan.
"Ke depannya, seluruh kabupaten/kota agar mencatat dan mendaftarkan karya budayanya untuk diusulkan menjadi WBTb Indonesia dengan mengacu kepada dokumen Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah (PPKD) kabupaten/kota, serta karya budaya yang ada pada masyarakat," tambahnya.
Penetapan WBTb merupakan proses panjang yang telah dimulai sejak Februari 2022 melalui Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat yang mengusulkan 32 WBTb dari 19 Kabupaten/Kota.
Dari verifikasi oleh Tim Ahli Warisan Budaya Takbenda Indonesia, diperoleh 19 karya yang dilanjutkan ke sidang Penetapan WBTbI 2022.

Selanjutnya, berdasarkan hasil sidang di hadapan Tim Ahli WBT Indonesia 2022 yang dihadiri oleh Direktur Pelindungan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI,
ditetapkan 19 WBTb dari Provinsi Sumatera Barat sebagai Warisan Budaya Takbenda Indonesia tahun 2022.

Sumber : kumparan.com

0 comments: