4 Cara Ampuh Bisnis Online, Dagangan Laris Manis

Senin, Desember 19, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

https: img.okezone.com content 2022 12 18 455 2729337 4-cara-ampuh-bisnis-online-dagangan-laris-manis-CrGRJT61XC.jpgCara Ampuh Bisnis Online. (Foto: Okezone.com/Freepik)

JAKARTA - Era digital sangat membantu pelaku usaha untuk menawarkan produk secara luas ke pembeli. Bagi pelaku usaha yang produknya sulit dibeli secara offline, padahal kualitasnya oke, bisa mencoba menarik pelanggan lewat online.

Menarik pelanggan secara online memang butuh pendekatan yang berbeda nih dibanding dengan offline. Secara offline bisa tatap muka dan langsung jualan ke pelanggan.

Tapi Kalau online harus menggunakan strategi untuk memancing pelanggan lewat virtual. Cara menarik pelanggan secara online pun beragam. Walau butuh sedikit meluangkan waktu buat belajarnya, tapi akan banyak keuntungan yang bisa didapatkan.

Kenapa Harus Jualan Secara Online?

Banyak loh pengusaha yang masih belum tahu cara menarik pelanggan secara online dan kebanyakan juga menyerah karena sulit untuk belajar penggunaan aplikasi. Akhirnya mereka kehilangan kesempatan untuk mendapatkan keuntungan-keuntungan dari jualan online.

Padahal kalau berjualan online, bisa jangkau pelanggan yang lebih luas untuk meningkatkan penjualan. Cara menarik pelanggan lebih mudah dilakukan secara online, jika tahu cara yang ampuh untuk mendapatkan pelanggan.

1. Cara Menarik Pelanggan via Online

Daftar di akun media sosial popular

Sosial media sangat populer di kalangan anak muda walaupun tidak semua sosial media digunakan, bisa pilih sosial media yang sering digunakan oleh pelanggan. Berdasarkan data We Are Social di tahun 2022, media sosial yang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia adalah YouTube, Facebook, Instagram, dan TikTok 

Sehingga setidaknya mempunyai akun media sosial di platform tersebut agar pelanggan lebih mudah mencari usaha/toko milik Anda.

Bikin Konten & Promo yang menarik

Jika sudah membuat media sosial, Anda perlu nih buat konten yang menarik buat pelanggan karena media sosial tidak dapat terlepas dari konten yang disajikan.

Sama seperti jualan offline, mempercantik toko Anda agar terlihat menarik oleh pembeli. Begitu pun dengan Online, perlu mengisi media sosial usaha Anda dengan konten yang berisi informasi produk/jasa yang Anda tawarkan.

Bisa membuat konten yang lagi trending, lucu, informatif, ataupun promo yang bisa menarik pelanggan untuk melihat ke media sosial usaha Anda atau bahkan bisa sampai melakukan pembelian.

2. Simpan dan bagikan testimoni dari pelanggan

Dalam cara menarik pelanggan tentu perlu adanya rasa aman ketika berbelanja di Toko Anda.

Mudah kok caranya, hanya perlu menyimpan dan membagikan pengalaman pelanggan berbelanja di toko. Jadi memberikan rasa aman dan nyaman kepada pembeli baru karena sudah ada yang membeli sebelumnya.

Untuk pertama kali dapat meminta pengalaman belanja dari teman atau keluarga sebagai permulaan.

3. Aktif dan konsisten di media sosia 

Konsisten adalah hal penting dalam berinteraksi dengan pelanggan di media sosial. Perlu memberikan informasi secara up-to-date tentang apa saja yang terjadi di Toko Anda.

Seperti update stok barang/jasa, promosi, hari libur, hingga perubahan jam operasional, karena pengguna dapat melihat informasi Anda terus-menerus.

Selain itu juga perlu aktif untuk menanggapi pesan yang isinya pertanyaan, komplain, testimoni dan lainnya dari pelanggan. Itu berpengaruh terhadap omongan atau review pelanggan terhadap toko/usaha Anda di media sosial.

4. Sediakan layanan yang lengkap

Pelanggan pastinya ingin dong belanja di toko Anda jika mempunyai kelengkapan dari produk/jasa atau metode pembayarannya. Metode pembayaran yang lengkap sekarang menjadi sangat penting, apalagi anak muda masa kini sudah lebih lancar menggunakan teknologi.

Daripada harus repot cari kembalian atau ambil uang di bank, mending bayar langsung pakai aplikasi. Bisa sediakan metode pembayaran lengkap menggunakan aplikasi BukuWarung, baik melalui berbagai bank, QRIS, e-wallet semuanya bisa!

Nah sekarang udah tau kan cara menarik pelanggan via online, yuk jangan lupa juga pakai aplikasi BukuWarung yang bisa Anda download gratis di playstore.

Sumber : okezone

0 comments: