4 Tips Cermat Pilih Bahan Makanan Baik dan Sehat, Biar Gak Makan 'Sampah'

Senin, Desember 12, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Cara mengatur keuangan TKI (Foto: Shutterstock)

MENGATUR asupan makanan jadi salah satu faktor penentu hidup sehat, karena apa yang kita makan sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh, itu kenapa cara memilih bahan makanan yang baik penting untuk diperhatikan.

Mengutip laporan Kobe, sebelum mengolah bahan makanan menjadi olahan yang siap dikonsumsi, harus tahu betul mana makanan yang sehat dan tidak. Ini penting karena akan menentukan nilai gizi di dalam panganan yang dikonsumsi. Sepiring makanan sehat sendiri adalah makanan yang memenuhi prinsip gizi seimbang, artinya beragam jenisnya dan punya kandungan nutrisi saling melengkapi.

"Artinya, semakin beragam jenis makanan yang dikonsumsi, maka semakin lengkap nilai gizinya. Tak hanya itu, makanan yang kualitasnya masih terjaga akan memberi manfaat lebih besar untuk tubuh," bunyi laporan tersebut dikutip, Senin (12/12/2022).

Jika masih bingung, bagaimana memilih bahan makanan yang sehat dan baik agar bisa mendapat manfaat yang baik dari bahan makanan yang akan dikonsumsi, berikut ini tips memilih bahan makanan yang baik:

1. Sayur dan buah: Pentingnya sayur dan buah dalam asupan sehari-hari, karena sayur dan buah terbukti baik untuk tubuh jika dikonsumsi dengan baik. Pilih sayuran segar yang umumnya ditandai dengan warna tampak segar dan kondisinya tidak layu. Sedangkan saat memilih buah, disarankan pilih buah yang terlihat masih utuh, tidak kusam, dan kulitnya tidak keriput.

2. Ikan: Pastikan pilih yang masih segar karena minim kontaminasi racun dari bakteri yang mungkin ada di ikan. Pilih ikan dengan kulit yang masih terlihat segar dan berwarna cerah, serta bola mata yang masih menonjol atau tidak cekung ke dalam. Selain itu, pastikan tekstur ikan masih terasa kenyal, bounchy saat disentuk dan tidak lembek. Cubit atau tekan badan ikan, jika ada bekas jari dan daging kembali ke bentuk semula, maka ikan masih segar.

3. Daging ayam dan daging sapi: Kondisi daging sapi yang segar umumnya ditandai dengan warna merah segar pada permukaannya. Sementara itu, kalau daging ayam kulitnya lebih pucat dari bagian dagingnya yang kualitasnya bagus.

Terkait tekstur, daging ayam dan sapi yang berkualitas umumnya punya tekstur elastis dan tidak terlalu keras atau terlalu lembek. Hindari nekat memilihdaging yang sudah berlendir atau mengeluarkan bau menyengat. Jangan pilih juga daging yang memiliki bercak kebiruan, karena itu tandanya daging sudah tidak segar. Daging sapi maupun ayam yang sudah busuk rentan mengandung bakteri dan virus. Contoh patogen berbahaya yang sering mencemari bahan makanan ini antara lain Salmonella dan E.Coli.

4. Bumbu dapur: Tak boleh disepelekan walau terlihat sederhana. . Disarankan untuk pilih bumbu dapur, salah satunya tepung bumbu, yang tidak mengandung MSG atau monosodium glutamate. Laporan Kobe menyebut, konsumsi MSG dalam jumlah berlebih terbukti memberi dampak buruk bagi kesehatan. Selain itu, perlu juga perhatikan kandungan vitamin di dalam bumbu, jika kandungannya cukup seperti adanya kandungan fortifikasi vitamin, maka ini jadi pilihan cukup baik untuk kesehatan.


Sumber : okezone.com

0 comments: