4 Tips Menjaga Kolesterol Tetap Normal, Agar Sehat dan Panjang Umur!

Jumat, Desember 16, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Ilustrasi cara menurunkan kolesterol. (foto: Istimewa)

KADAR kolesterol di dalam tubuh bisa mengalami kenaikan, dipicu berbagai faktor salah satunya pola hidup. Umumnya, serangan jantung dan stroke merupakan penyakit mengintai pengidap kolesterol tinggi.

Hal ini diakibatkan adanya pengendapan kolesterol berlebihan pada pembuluh darah. Berikut ulasan cara menjaga kolesterol tetap stabil yang dirangkum dari berbagai sumber.


1. Berhenti merokok dan minum alkohol

Banyak ahli yang mengatakan bahwa merokok bisa memicu penyakit jantung. Sementara alkohol dapat meningkatkan kadar kolesterol dan kadar trigliserida, sejenis lemak dalam darah. Sehubungan dengan kolesterol, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) mengatakan agar bisa mengubah gaya hidup sehat.

"Anda bisa mengambil langkah-langkah untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi, dengan perubahan gaya hidup sehat, seperti memilih makanan lebih rendah lemak jenuh dan lemak trans serta menjaga berat badan yang sehat," keterangan CDC dalam website resminya

2. Berolahraga

Kita tahu olahraga merupakan penawar hampir semua penyakit, termasuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh. Dengan ativitas fisik sedang dapat membantu meningkatkan kolesterol high-density lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik.

Disarankan untuk mengkonsultasikan dengan dokter anda, terkait durasi yang tepat berolahraga. Namun umumnya, olahraga setidaknya dilakukan selama 30 menit, lima kali seminggu atau aktivitas aerobik yang kuat selama 20 menit tiga kali seminggu.

"Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk menurunkan kadar kolesterol LDL tinggi dengan melakukan perubahan gaya hidup sehat, seperti memilih makanan lebih rendah lemak jenuh dan lemak trans serta menjaga berat badan yang sehat," keterangan CDC dalam website resminya.

3. Cek kolesterol Secara Rutin

Tidak hanya berfokus pada bagaimana mengatur pola makan sehat. CDC menyarankan agar rutin mengecek, setidaknya sekali setiap 4 hingga 6 tahun jika tidak memiliki penyakit jantung. Umumnya, beberapa orang perlu memeriksakan kolesterolnya lebih sering atau lebih jarang.

4. Makan sayur dan buah

Bagi anda mau tetap sehat dan jaga kolesterol tetap normal yaitu rajin makan buah dan sayur. The Heart Foundation merekomendasikan agar mengikuti pola makan jantung sehat, yang berarti makan berbagai macam makanan segar seperti buah dan sayur yang fresh atau tidak diproses.

Lebih lanjut, juga disarankan agar tidak konsumsi makanan olahan termasuk take away, makanan panggang, coklat, keripik, permen dan minuman manis. "Cara makan ini juga secara alami tinggi serat, yang merupakan kabar baik karena asupan serat makanan dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah," keterangan dalam website Better health.

Sumber : okezone.com

0 comments: