5 Aktivitas Unik yang Bisa Dilakukan di Islandia, Negara Paling Utara di Dunia

Selasa, Desember 13, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Reykjavik, Islandia (roughguides.com)

SEDIKITNYA ada 5 aktivitas unik ini bisa Anda lakukan ketika berlibur di Islandia. Negara Nordik di Eropa Utara ini masuk dalam jajaran destinasi wisata populer dan banyak dikunjungi oleh para wisatawan.

Alamnya yang unik membuat banyak wisatawan tertarik untuk mencoba pengalaman berlibur di Snow Land ini.

Ada banyak sekali destinasi wisata alam yang menakjubkan di Islandia salah satunya seperti Blue Lagoon yaitu danau air panas dengan warna air yang biru, membuat siapapun yang melihatnya tercengang.

Tak hanya itu, Islandia yang merupakan salah satu negara paling utara di dunia memiliki gletser terbesar yang ada di Eropa, yaitu Vatnajökull, yang mencakup 8% daratan Islandia. Menakjubkan bukan?

Berikut ini adalah 5 aktivitas unik yang bisa dilakukan ketika anda tengah berlibur di Islandia

1. Mencoba roti yang dipanggang di dalam tanah

Si sebuah daerah di Islandia, bernama Laugarvatn ini terkenal dengan cara unik masyarakat setempat memanggang roti di dalam tanah yang telah dilakukan sejak berabad-abad lalu dan masih dilakukan secara turun temurun hingga generasi saat ini.

 Ilustrasi

Islandia (BBC)

Laugarvatn, dikenal memiliki danau dengan sumber mata air panas hingga 100 derajat celsius. Alih-alih memasak menggunakan oven, para masyarakat memanfaatkan sumber panas tersebut untuk mengolah atau memasak makanan yang ada seperti membuat kue ataupun memasak telur.

2. Berenang di Samudera Atlantik

Ide untuk berenang di Atlantik Utara yang dingin mungkin adalah suatu hal yang tak begitu menarik, namun aktivitas satu ini makin populer. Dimana orang Islandia telah berenang di perairan ini, selama ratusan tahun dan masih berlanjut hingga kini.

Berenang di suhu udara yang cukup dingin ini diketahui baik untuk sistem kekebalan tubuh. Di musim panas, suhu air bisa mencapai 12-15ºC sementara di musim dingin, suhunya bisa di bawah 0ºC.

Pantai Geothermal Nautholsvik adalah salah satu lokasi paling populer untuk berenang di Atlantik Utara. Surga lokal ini tidak hanya memiliki pasir keemasan dan pemandangan indah, tetapi juga memiliki hot tub dan pemandian uap yang akan memanjakan Anda.

3. Menjelajahi gunung berapi dari bagian dalam

Selain memiliki banyak gletser dan gunung berpuncak salju, gunung berapi juga tersebar di beberapa tempat di Islandia. Gunung berapi Þríhnjúkagígur, di selatan Islandia, hanyalah salah satunya tetapi berdiri sebagai contoh utama betapa luar biasanya fenomena geologis ini.

Jika diterjemahkan nama gunung berapi ini adalah 'Tiga Kawah Atas', meski belum meletus sejak abad kedua Sebelum Masehi, sehingga sangat aman untuk dimasuki.

Yang membuat gunung berapi ini unik adalah kenyataan bahwa Anda bisa masuk ke dalam ruang magmanya! Ruang magma gunung berapi ini memiliki kedalaman 213 meter (699 kaki) dan mencakup 3.270 meter persegi (35.200 kaki persegi). Untuk sampai ke sana, Anda akan menaiki lift yang dibangun khusus yang akan membawa Anda sampai ke bawah.

Menjelajahi bagian dalam gunung berapi adalah pengalaman yang paling tak terlupakan dan sangat mengasyikkan, yang pastinya tak boleh sampai terlewatkan oleh wisatawan. Anda juga bisa mengikuti Tour Inside the Volcano yang biasanya hanya ada di musim panas, sekitar tanggal 15 Mei sampai akhir september.

4. Mencoba dog sledding

Jika Anda mencari pengalaman atau aktivitas unik yang hanya memerlukan Anda untuk duduk, bersantai, sambil menikmati pemandangan indahnya alam Islandia, maka dog sledding ini merupakan pilihan yang tepat untuk Anda!

Kereta luncur yang ditarik oleh anjing ini bisa dilakukan sepanjang tahun lho, baik di lahan kering atau melintasi ladang bersalju di pedesaan Islandia. Jika kondisinya tepat, seseorang bahkan dapat meluncur melintasi salah satu gletser terbesar di negara itu.

Pada kereta luncur anjing ini bisa dinaiki oleh dua orang (ditambah Musher yang mengemudikan kereta luncur), yang kemudian dibawa melewati pemandangan yang indah oleh 6-8 anjing Husky yang sangat energik dan menggemaskan.

 Ilustrasi

Sebagian besar anjing-anjing ini berasal dari Greenland, meskipun ada juga beberapa Siberian Husky dan Alaskan Husky. Jika Anda seorang pecinta anjing, tour ini dibuat untuk Anda! Menikmati pemandangan yang indah, serta ingatlah untuk mengenakan pakaian tebal atau hangat (atau, setidaknya, sesuai cuaca).

5. Berkuda

Hal unik terakhir yang harus Anda atau wisatawan lain lakukan ketika berlibur ke Islandia adalah berkuda. Namun ada yang unik, dimana kuda di Islandia memiliki ukuran kecil yang terkadang disalah artikan sebagai kuda poni. Keturunan kuda Islandia ini juga cukup unik. Karena, terdapat kuda dengan jenis untuk balapan atau yang dalam bahasa Islandia kuda-kuda ini disebut tölt dan skeið.

Keduanya memungkinkan kuda-kuda kecil ini bergerak lebih cepat daripada yang seharusnya. Skeið – sering digunakan dalam balapan – sangat cepat dan halus, memungkinkan kecepatan hingga 50 kmh (31 mph). Jika Anda merasa hal tersebut terlalu berbahaya, Anda bisa mencoba tur dengan jenis kuda lain yang lebih tenang di area pedesaan.


Sumber : okezone.com

0 comments: