5 Fakta Unik Maroko, Negara yang Memiliki 2 Ibukota

Kamis, Desember 15, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Negara Maroko (Foto: Love Exploring)

 Negara Maroko tengah menjadi perbincangan dunia usai menjadi negara pertama di Afrika  yang menembus semifinal Piala Dunia 2022. Negara ini berhasil mengalahkan tim-tim besar Eropa seperti Spanyol dan Portugal.

Tak hanya keandalan dalam dunia sepak bola, ternyata Maroko juga memiliki beragam keunikan. Apa saja itu? Simak pembahasannya berikut.

1. Memiliki Dua Ibukota

Melansir dari Morocco Mall, Maroko sebagai negara kerajaan ternyata memiliki dua ibukota negara yaitu Rabat sebagai ibukota politik dan Casablanca sebagai ibukota ekonomi dan bisnis. Hal ini tentu sangat berbeda dengan negara lain yang hanya memiliki satu ibukota

Negara dengan julukan Singa Atlas ini merupakan negara islam yang berada di Afrika Utara dan berbatasan langsung dengan Spanyol yang hanya dipisahkan oleh selat Gibraltar.

2. Kota Biru

Mengutip dari Parent Hood and Passport, salah satu kota terindah dan populer di kalangan turis adalah kota biru Chefchaouen. Chefchaouen dikenal sebagai Mutiara Biru Maroko karena seluruh medina dan sebagian besar desa pegunungan dicat biru pucat.

Penduduk setempat percaya bahwa biru adalah warna suci dan mengungkapkan rindu terhadap kampung halaman. Nyatanya, sekadar berkeliling dan memotret medina adalah salah satu hal paling lumrah untuk dilakukan di Chefchaouen.

3. Kota Merah

Sama seperti Chefchaouen yang dikenal sebagai “kota biru”, kota Marrakesh disebut sebagai “kota merah”. Tapi tidak seperti Chefchaouen, dinding di Marrakesh tidak sengaja dicat merah. Sebaliknya, rona kemerahan berasal dari tanah liat dan batu pasir merah yang digunakan untuk membangun banyak bangunan tua di Marrakesh.

Meskipun tembok kota sebenarnya lebih berwarna pink atau salmon, Marrakesh mendapat julukan "kota merah". Kota ini juga termasuk salah satu yang paling populer untuk dikunjungi turis di Maroko.

4. Resor Ski

Sebagian besar orang sering mengasosiasikan Maroko dengan Gurun Sahara, pantai, dan iklim yang gersang. Tapi Maroko sebenarnya juga memiliki resor ski.

Meskipun kecil, Oukaïmeden memiliki tujuh lift dan medan ski lebih dari enam mil. Tempat ini memang tidak seberapa jika dibandingkan dengan resor ski di Pegunungan Alpen atau Pegunungan Rocky. Namun, Oukaïmeden nyatanya menjadi salah satu fakta menarik yang ada di Maroko.

5. Lembah untuk Bunga Mawar

Di Maroko terdapat sebuah lembah yang didedikasikan untuk bunga mawar, yaitu Lembah M'Goun atau dikenal sebagai Vallée des Roses. Lembah ini menghasilkan 3.000 hingga 4.000 ton mawar liar setiap tahun. Mawar ini sangat penting bagi perekonomian lokal.

Wanita setempat mengumpulkan mawar dan menjualnya ke koperasi daerah. Sebagian besar mawar ini digunakan oleh perusahaan parfum Prancis, sedangkan sisanya digunakan oleh perusahaan lokal untuk membuat air mawar, sabun, dan barang kosmetik lainnya.


Sumber : okezone.com

0 comments: