5 Gunung Cantik Dekat Bogor yang Jadi Incaran Pendaki, Mana Favoritmu?

Sabtu, Desember 17, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


https: img.okezone.com content 2022 12 14 408 2727138 5-gunung-cantik-dekat-bogor-yang-jadi-incaran-pendaki-mana-favoritmu-LbIknndJLe.jpg

BOGOR, Jawa Barat merupakan destinasi wisata favorit masyarakat Jakarta dan sekitarnya. Pemandangan alam yang indah dengan nuansa pegunungan yang asri dan sejuk jadi salah satu daya pikat wisatawan menjadikan Bogor sebagai lokasi melepas penat.

Kawasan Bogor punya beberapa gunung cantik dengan keindahan yang memesona. Gunung-gunung tersebut juga jadi incaran pendaki.

Berikut 5 gunung dekat Bogor.

1. Gunung Pangrango

Pangrango merupakan gunung api setinggi 3.019 Meter di Atas Permukaan Laut (MDPL), tapi belum pernah meletus, sehingga puncaknya yang kerucut masih terlihat mulus. Puncak Mandalawangi jadi spot incaran pendaki. Selain lembah, di sekitar Pangrango juga terdapat beberapa objek wisata terkenal, seperti Telaga Biru dan Canopy Trail.

 Ilustrasi

Telaga Biru Gunung Pangrango

Pangrango bisa dibilang masih sepaket dengan Gunung Gede, karena memiliki jalur pendakian yang sama untuk menuju puncak, yang membedakan hanyalah belokan di pertigaan.

2. Gunung Gede

Gunung Gede merupakan salah satu spot pendakian terlaris di Indonesia. Berada dekat Jakarta dan Bandung, wajar jika gunung setinggi 2.958 MDPL ini dipilih sebagai tempat untuk refreshing saat berakhir pekan.

Ilustrasi

Gunung Gede

Terdapat 3 jalur yang bisa dipilih untuk sampai puncak, yaitu via Gunung Putri, Cibodas, dan Selabintana.Gunung Gede mempunyai alun-alun surya kencana, yaitu sebuah spot terbaik untuk menikmati keindahan bunga Edelweis.

3. Gunung Kencana

Terletak di Kampung Rawa Gede, Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Gunung Kencana memiliki ketinggian sekitar 1.802 Meter Diatas Permukaan Laut, dan memiliki trek yang cukup menantang.

Berada di dekat Gunung Gede dan Pangrango, Gunung Kencana juga hadir sebagai salah satu destinasi wisata yang mengagumkan di kota Bogor.

Memiliki panorama yang tidak kalah indah, membuat Gunung Kencana kerap dijadikan tujuan liburan oleh wisatawan.


4. Gunung Munara Rumpin

Secara Geografis, Munara terletak di daerah Kampung Sawah, Rumpin, Kabupaten Bogor. Memiliki ketinggian sekitar 300 meter diatas permukaan laut, Gunung Munara Rumpin lebih mirip sebuah bukit. Meski tidak terlalu tinggi, namun trek menuju area puncak cukup menantang.

Hal menarik dari Munara ini adalah udara di sepanjang perjalanan menuju puncaknya cenderung sejuk. Tidak hanya itu, pemandangan sekitar Munara juga begitu unik, terdapat goa yang dipenuhi oleh akar-akar berukuran raksasa.

 Ilustrasi

5. Gunung Bunder

Gunung Bunder atau yang dikenal sebuah kawasan wisata bagian Taman Nasional Halimun Salak, termasuk salah satu objek wisata anti mainstream di Bogor. Terdapat curug-curug tersembunyi, seperti Cigame, Pangerang, Seribu, dan lain-lain, menjadikan Gunung Bunder alasan kuat bagi warga ibukota untuk mengunjunginya.

Terlebih cukup menempuh waktu sekitar 1,5 jam dari kota Jakarta, Anda bisa merasakan ketenangan dan kedamaian karena pepohonan yang tumbuh di sekitarnya begitu rapat, sehingga sulit ditembus matahari.

Tidak heran jika daerah Pamijahan ini menjadi salah satu tempat favorit warga Bogor untuk menghabiskan akhir pekan.

(sal)


Sumber : OKEZONE.COM

0 comments: