5 Makanan Paling Aneh dan Ekstrem di Dunia yang Rasanya Menantang

Kamis, Desember 01, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Kuliner termasuk ke dalam salah satu destinasi wisata favorit di berbagai negara. Tapi ada beberapa negara yang punya makanan ekstrem bahkan cenderung menjijikkan.

Budaya kuliner berbeda di setiap negara. Selain makanan yang terkenal karena kelezatannya, ada juga makanan yang hits karena rasa dan bentuknya yang aneh bahkan sampai menantang banyak orang untuk mencicipinya.

Seperti beberapa makanan-makanan aneh di beberapa negara ini. Situs Arai of Light (30/11), menyebutnya sebagai makanan-makanan paling aneh dan menjijikkan di dunia.


1. Kari Buaya

Kari daging. Foto: Getty Images/iStockphoto/taa22

Di Siam Reap, Kamboja ada makanan yang disukai banyak warga lokal namun ekstrem bagi wisatawan yang belum terbiasa dengan makanan di sana. Menu ini dikenal dengan nama amok. Amok sendiri merupakan kari khas Kamboja.

Hanya saja yang dipakai daging buaya, yang sebelumnya sudah dikukus menggunakan daun pisang agar empuk. Menurut beberapa warga lokal di sana, rasa kari buaya ini enak, karena ada rasa creamy gurih dari daun kari.

Tapi bagi wisatawan, rasanya ini cukup aneh meski teksturnya mirip seperti daging ayam. Kari buaya ini bisa ditemukan di kedai makanan kaki lima, atau restoran.

2. Telur Semut Raspberry

Telur semut raspberry di Luang Prabang merupakan salah satu kuliner yang unik, tapi cukup ekstrem bagi sebagian orang.

Dari jauh mungkin makanan ini mirip seperti sajian dessert, tapi kombinasi yang digunakan adalah telur semut dengan tekstur yang krispi di luar, namun lembut di dalam.

Selain itu telur semut ini tampilannya mirip seperti ulat, apalagi ditambah dengan saus raspberry dan sorbet berwarna kemerahan seperti darah.

3. Basashi
Jepang merupakan salah satu negara di dunia yang sejak dulu mengonsumsi daging kuda. Bahkan daging kuda di sana disulap menjadi makanan mewah yang berkelas. Salah satu hidangannya ada babashi yang sekilas mirip seperti sashimi.

Babashi merupakan hidangan daging kuda mentah yang diiris tipis, kemudian disajikan dengan sayuran segar dan saus kecap asin. Kemudian untuk mengurangi rasa amis, babashi disajikan dengan jahe dan bawang serta perasan jeruk nipis.

Selain babashi ada juga menu sup daging kuda yang mirip irisan tipis daging sukiyaki dengan aneka sayuran. Jepang juga punya produk ham yang terbuat dari daging kuda yang dihaluskan.

4. Sannakji

Orang Korea suka dengan aneka seafood segar, dan biasanya disantap dalam keadaan masih hidup. Seperti hidangan bernama Sannakji, yang terdiri dari gurita hidup. Gurita yang masih hidup biasanya akan dipotong dalam beberapa bagian, lalu dibumbui dengan minyak wijen, dan disajikan.

Kebanyakan gurita ini akan menempel di bagian mulut hingga tenggorokan. Sehingga hidangan ini dianggap berbahaya, namun tetap digemari oleh banyak orang di Korea.

Rasanya segar, sedikit manis, dan tidak terlalu kenyal dan sedikit licin. Tapi jika tidak terbiasa memakannya, bagian potongan gurita yang masih hidup akan bergerak di dalam tenggorokan dan membuat orang tersedak hingga kehabisan nafas.


5. Kepala Kambing Utuh
Popularitasnya mengalahi daging ayam dan sapi, di Mongolia semua yang berbau kambing selalu digemari. Sejak dulu kambing dianggap sebagai hidangan enak dengan tekstur daging yang empuk.

Bagian kepala kambing kerap diolah menjadi makanan spesial. Hidangan kepala kambing utuh ini biasanya direbus selama beberapa jam untuk membuat dagingnya menjadi lembut dan tidak alot.

Kemudian kepala kambing disajikan dengan beberapa sayuran rebus sebagai hidangan pelengkapnya. Ada juga tradisi di mana ketika menyantap kepala kambing, para tamu harus memakan kedua bola mata kambing. Selain di Mongolia, sajian kepala kambing ini juga di Afghanistan hingga Bulgaria


Sumber : detik.com

0 comments: