5 Wisata Rohani di NTT, Cocok Buat Rayakan Natal 2022

Jumat, Desember 09, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


https: img.okezone.com content 2022 12 07 408 2722689 5-wisata-rohani-di-ntt-cocok-buat-rayakan-natal-2022-FdINAOsxGx.jpg

HARI Raya Natal 2022 sudah dekat. Ini momen yang ditunggu-tunggu oleh umat Kristiani. Selain ibadah, libur Natal asyik juga diisi dengan mengunjungi tempat wisata rohani seperti yang ada di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Berikut 5 tempat wisata rohani di NTT yang cocok dikunjungi saat momen Natal.

1. Semana Santa (Pekan Suci)

Di Larantuka, Flores Timur, NTT, ada tradisi yang bisa menjadi wisata religi untuk merayakan Natal, yakni prosesi Semana Santa. Tradisi perayaan Paskah ini sudah dilangsungkan selama lebih dari 500 tahun.

Wisata religi prosesi Semana Santa dilangsungkan mulai dari hari Rabu Abu hingga Jumat Agung. Patung Tuan Ma (Bunda Maria) akan diarak menuju Katedral Renha Rosari Larantuka sambil dinyanyikan lagu dan dinyalakan lilin sepanjang jalan.

2. Pulau Waibalun

Wisata rohani di NTT selanjutnya yang bisa dikunjungi saat perayaan Natal yakni pulau yang berlokasi di Waibalun, Larantuka, Flores Timur.

Selain sebagai lokasi ziarah rohani, Pulau Waibalun juga menawarkan pemandangan bawah laut yang eksotis. Wisatawan bisa menyaksikan lomba renang dan dayung tradisional dalam rangkaian Festival Nelayan yang diadakan setiap Paskah Kedua.

3. Taman Doa Bukit Fatima & Salib Yubelium

Wisata rohani yang Anda lakukan terasa kurang lengkap jika belum mengunjungi Taman Doa Bukit Fatima dan salib Yubelium di Bukit San Dominggo.

Taman Doa Bukit Fatima & Salib Yubelium

Destinasi wisata religi merupakan andalan bagi kawasan Larantuka, Flores Timur.

Lokasi taman doa ini tak jauh dari Istana Keuskupan Larantuka, hanya sektiar 300 meter saja.

Selain Taman Doa Bukit Fatima dan Salib Yubelium, ada pula Taman Doa Gua Maria Bukit Moting yang terletak sekitar 10 kilometer dari Kota Larantuka, tepatnya di Belogili, Desa Balukhering, Lewolema


4. Kampung Tori

Setiap kampung tradisional di Larantuka pasti memiliki tori/kapela atau rumah kecil yang dibangun sebagai tempat ibadah dan pentakhtaan barang-barang kudus.

Umumnya barang-barang kudus ini merupakan peninggalan dari bangsa Portugis. Setiap tori menyimpan barang-barang kudus yang berbeda-beda antara satu dengan lainnya.

Hal ini menjadikan Kampung Tori sebagai destinasi wisata religi yang wajib Anda kunjungi bila berlibur ke Larantuka, NTT.

 Ilustrasi

5. Patung Bunda Maria Wolowio

Pulau flores tak hanya terkenal dengan wisata alamnya, namun juga tempat wisata religi yang merupakan tempat wisata Favorit bagi wisatawan lokal ataupun mancannegara, salah satunya yakni Patung Bunda Maria bukit Wolowio yang berada di kota Bajawa, Kabupaten Ngada NTT.

Patung Bunda Maria setinggi 19 meter atau total 28 meter dari permukaan tanah tersebut dibangun oleh Kongregasi Pasionis (CP) bekerja sama dengan umat Katolik di sana. CP didirikan di Italia oleh St. Paulus dari Salib tahun 1720. Kongregasi ini berpusat di Roma dan telah menyebar ke berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia.*


Sumber : OKEZONE.COM

0 comments: