7 Orang Terkaya Pemilik Hotel Mewah di RI

Sabtu, Desember 17, 2022 Jarmani. S.Pd, M.Pd 0 Comments



Orang terkaya di Indonesia ternyata juga pemilik dari hotel mewah di negeri ini. Menyajikan fasilitas yang serba mewah, pendapatan mereka dari bisnis itu pun diperkirakan begitu besar.
Tidak hanya megah, tetapi biasanya fasilitas hotel mewah sangat canggih dan memanjakan konsumennya. Para petugas hotelnya juga dilatih untuk ramah, tamah dan siap membantu pengunjung dengan baik.

Berikut ini daftar orang terkaya Indonesia pemilik hotel merah, dirangkum dari catatan detikcom, Sabtu (17/12/2022).

1. Hartono Bersaudara
Michael Bambang Hartono dan Robert Budi Hartono barangkali tak asing lagi bagi banyak orang. Keduanya merupakan kakak beradik terkaya di Indonesia itu juga memiliki bisnis di sektor properti.

Pemilik dari perusahaan Grup Djarum diketahui memiliki sejumlah properti prestisius, mulai dari Menara BCA, Grand Indonesia, Hotel Indonesia Kempinski, dan Kempinski Residence.

Tak hanya itu, proyek properti lain dengan kelas menengah bawah juga dimiliki, seperti World Trade Center Mangga Dua, Mal Daan Mogot, Karawang Resinda, dan Padma Hotel Karawang.

2. Keluarga Ciputra
Keluarga Ciputra merupakan pewaris kerajaan pengembang real estate Indonesia Ciputra, yang meninggal pada November 2019 pada usia 88 tahun. Ciputra adalah seorang arsitek terlatih, yang mendirikan grup Ciputra lebih dari tiga dekade lalu.

Saat ini Ciputra Development merupakan salah satu perusahaan properti terbesar di tanah air dengan proyek di 71 kota. Dua putra dan dua putrinya, Rina, Junita, Candra dan Cakra, yang sudah lama berkecimpung di bisnis keluarga, kini menjalankan grup Ciputra.

Adapun salah satu hotel mewah bintang lima yang dimiliki keluarga almarhum Ciputra yakni Raffles Jakarta Hotel yang berlokasi di Kuningan, Jakarta Selatan.


3. Mochtar Riady & keluarga
Grup Lippo sekarang dijalankan oleh James dan Stephen Riady. Ia adalah anak dari pendiri grup tersebut Mochtar Riady.

Keluarga konglomerat merupakan pemilik dari Aryaduta Hotels. Grup hotel itu merupakan bintang lima di Indonesia dengan delapan hotel di seluruh Indonesia, termasuk Jabodetabek, Medan, Pekanbaru, Manado, Makassar, dan Palembang.

Lahir di Jawa Timur, Mochtar Riady membuka toko sepeda pada usia 22 tahun dan membangun karir perbankan yang sukses hingga krisis keuangan Asia 1997. Saat ini minat grup Lippo meliputi real estat, ritel, perawatan kesehatan, media, dan pendidikan.

4. Keluarga Widjaja
Keluarga Widjaja merupakan pemilik dari perusahaan raksasa Sinarmas. Sinarmas sendiri merupakan perusahaan yang bergerak di berbagai sektor, seperti kertas, agribisnis, makanan, jasa keuangan, telekomunikasi, energi, infrastruktur, pengembang dan real estat.

Dalam bidang perhotelan, diketahui bahwa keluarga ini memiliki hotel mewah berbintang lima yang juga berada di lokasi Thamrin, Jakarta Pusat, yakni hotel Grand Hyatt. Selain itu mereka juga pemilik dari Hotel Santika Premiere ICE BSD City

5. Hary Tanoesoedibjo
Hary Tanoesoedibjo adalah pebisnis yang bergerak di bidang media, politik dan properti. Dirinya memiliki lebih dari 60 stasiun televisi, radio dan surat kabar.

Melalui perusahaannya yang terdaftar di MNC Land, ia membangun resor di Bali dan Jawa yang akan dikelola oleh perusahaan Donald Trump.

Berdasarkan situs resmi perusahaan, diketahui bahwa MNC Group memiliki sejumlah hotel mewah seperti Oakwood Hotel & Residence, Lido Lake Resort, dan lain sebagainya.

6. Chairul Tanjung
Chairul Tanjung yang dikenal dengan sebutan si anak singkong atau pemilik CT Corp ini memiliki sederet hotel seperti The Trans Luxury Hotel, The Trans Resort Bali, Fashion Hotel, dan Ibis Bandung.

7. Eddy William Katuari
Di Hotel The Apurva Kempinski Bali, para pemimpin negara yang tergabung dalam G20 tengah berkumpul. Pasalnya hotel bintang 5 ini dijadikan sebagai tempat perhelatan puncak KTT G20 Indonesia pada 15-16 November 2022.

Melansir dari laman resmi Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Rabu (16/11/2022), pemilik hotel The Apurva Kempinski Bali ini adalah William Katuari yang juga merupakan Presiden Direktur Wings Group.

Pria dengan nama lengkap Eddy William Katuari ini memang dikenal sebagai taipan Indonesia. Diketahui bahwa William Katuari menjadi pimpinan Wings Group setelah ayahnya wafat pada tahun 2004.

Sumber detik.com

0 comments: