7 Spot Diving Terbaik di Wakatobi, Surga Bawah Lautnya Bikin Takjub

Jumat, Desember 02, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

https: img.okezone.com content 2022 12 01 408 2718658 7-spot-diving-terbaik-di-wakatobi-surga-bawah-lautnya-bikin-takjub-UFI5lFiUsc.jpgSpot diving di Wakatobi (Foto: Indonesia-Tourism)

KABUPATEN Wakatobi di Sulawesi Tenggara salah satu surga diving atau wisata menyelam terbaik di dunia. Ada sederet spot scuba diving dan snorkeling keren di Wakatobi.

Keindahan bawah laut Wakatobi sudah dikenal hingga ke mancanegara. Maka tak heran, jika spot diving di Wakatobi jadi incaran pencinta diving atau snorkeling.

Berikut 7 spot diving terbaik di Wakatobi.

1. Pulau Tomia

Pulau Tomia menjadi salah satu pulau kecil di Wakatobi, memiliki kekayaan biota laut. Anda bisa melihat keberagaman terumbu karang yang cantik dan berbagai ikan kecil yang lucu.

Selain itu Pulau Tomia ini memiliki 28 spot diving populer, di antaranya Roma, Cornucopia, dan House Reef. Selain keindahan alam bawah lautnya, Pulau Tomia juga menyimpan kecantikan pada hamparan pasir putih di pesisir pantai.

 Ilustrasi

Spot diving di Pulau Tomia

2. Pulau Binongko

Pulau Binongko merupakan salah satu pulau di selatan Wakatobi. Kawasan menjadi salah satu tempat yang tepat untuk melakukan kegiatan diving. Saat menyelam, Anda akan dibuat kagum dengan biota laut yang beraneka ragam yang menghiasi keindahan alam di dalamnya.

Terdapat terumbu karang dengan berbagai bentuk dan juga warna, yang mana bisa Anda lihat di permukaan karena saking bersih dan jernihnya perairan di kawasan ini.

Agar lebih jelas melihatnya, Anda dapat menyelam dengan cara diving atau snorkeling. Ketika masuk ke dalamnya, siapapun akan dibuat takjub karena keindahannya.

3. Pulau Hoga

Selanjutnya Pulau Hoga yang disebut-sebut menjadi surganya para penyuka wisata bahari. Hal ini karena, pantai dengan hamparan pasir putih ditambah deburan ombak yang menenangkan membuat pikiran kembali segar setelah padatnya rutinitas harian di kota.

Selain menikmati kecantikan pantainya, Anda bisa melakukan snorkeling untuk menyaksikan langsung keindahan bawah lautnya yang bisa membuat Anda terpukau.

4. Pulau Wangi-Wangi

Alam bawah laut di Pulau Wangi-Wangi memiliki kekayaan biota laut yang beragam, di sini Anda bisa menyaksikan warna dari terumbu karang mengesankan. Tak hanya itu saja, di kawasan ini juga bisa menyaksikan pemandangan tak biasa. Anda dapat melihat lumba-lumba yang muncul di permukaan laut saat waktu tertentu.

Selain itu, Anda juga bisa menemukan spot snorkeling hanya dengan berjalan dari dermaga saja. Bukan hanya wisata bahari, di Pulau Wangi-Wangi juga terdapat desa wisata yang bisa dikunjungi untuk mengenal dan belajar budaya yang ada di sini.

5. Ali Reef Dive Site

Spot diving selanjutnya adalah Ali Reef Dive Site. Diving di sini cukup berbeda, karena Anda akan menyelam di tengah-tengah arus yang cukup deras. Maka kebanyakan yang melakukan diving di sini, mereka yang sudah profesional.

Wisatawan mancanegara (wisman), cukup banyak yang mengincar tempat diving ini. Selain bisa melihat keindahan bawah laut Wakatobi, mereka juga sekaligus bisa memacu adrenalin karena harus melawan arus.

6. Channel Dive Spot

Lalu ada Channel Dive Spot, tempat ini merupakan yang cocok bagi para pecinta olahraga air seperti diving. Meski cukup berarus, namun di sini menawarkan jumlah ikan yang banyak seperti schooling unicorn fish yang akan menemani para penyelam.

Selain itu jika beruntung, Anda akan bertemu dengan ikan hiu dan ikan napoleon yang berukuran raksasa. Pengalaman diving Anda tentunya akan lebih berkesan, khususnya melihat keindahan bawah laut di wilayah Wakatobi.

7. Fan 38 Dive Spot

Fan 38 Dive Spot juga salah satu tempat terbaik untuk diving di Wakatobi. Berbentuk topografi, berupa lereng serta dinding jatuh dengan kedalaman 3-60 meter. Bahkan tempat ini dikategorikan diving kelas dunia lho.

Fan 38 ini cocok bagi para pecinta diving, karena terdapat keberagaman coral reef yang akan memanjakan mata Anda saat menyelam di kedalamannya. Kemudian, terdapat juga gorgonian atau karang kipas berukuran raksasa begitu pula dengan barrel sponge.

Sumber : okezone

0 comments: