Alasan Benua Asia Memiliki Iklim yang Lengkap dan Macam Iklimnya

Senin, Desember 12, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Apakah kamu tahu di benua mana Indonesia berada? Ya, Indonesia berada di Benua Asia. Benua Asia adalah rumah bagi sekitar 4,5 miliar orang yang tersebar di 48 negara. Benua Asia pun menjadi benua terpadat di dunia sekaligus terbesar karena memiliki luas hampir 45 juta kilometer persegi. Mengesankan bukan?

Tak hanya itu, Benua Asia juga memiliki iklim yang lengkap. Bahkan, iklim di negara-negara tropis seperti Indonesia bisa berbeda dengan negara lainnya seperti Rusia yang dekat dengan kutub. Lalu, mengapa benua Asia memiliki iklim yang lengkap? Simak ulasannya di bawah ini.

Pengertian Iklim

Sebelum membahas iklim di benua Asia, mari kita membahas pengertian iklim itu sendiri. Apa yang kamu ketahui tentang iklim?
Berdasarkan buku Tata Ruang Air oleh Robert J. Kodoatie dan Roestam Sjarief (2010:75), iklim merupakan kondisi cuaca dalam suatu periode yang panjang. Iklim adalah nama yang kita berikan untuk menyebut pola-pola cuaca selama satu periode waktu.
Indonesia sendiri mempunyai iklim tropis. Hal ini disebabkan letak Indonesia yang berada di garis khatulistiwa. Dengan demikian, Indonesia mendapatkan panas dari sinar matahari sepanjang tahunnya.

Iklim di Benua Asia

Mari kita kembali ke pertanyaan sebelumnya, yakni mengapa Benua Asia mempunyai iklim yang lengkap?
Ternyata jawaban dari pertanyaan tersebut adalah karena luas wilayah Benua Asia itu tadi. Dengan luas seperti yang sudah disebutkan di atas, benua Asia mencakup hampir sepertiga luas daratan di bumi.
Berikut berbagai iklim di benua Asia:
  • Iklim tropis, seperti Indonesia, Malaysia, dan wilayah sekitarnya
  • Iklim subtropis, seperti Jepang, Tiongkok, dan wilayah sekitarnya
  • Iklim sedang, seperti Kazakhstan, sebagian Rusia, dan wilayah sekitarnya
  • Iklim dingin, seperti wilayah Rusia di dekat kutub, yakni Siberia
  • Iklim darat, seperti di Timur Tengah dan Gurun Gobi, Tiongkok
  • Iklim mediteran, seperti di Iran, Suriah, dan wilayah sekitarnya
  • Iklim pegunungan, seperti wilayah pegunungan di Tibet hingga Mongolia
Demikian alasan Benua Asia memiliki iklim yang lengkap beserta berbagai jenis iklimnya. Jika bisa memilih, kamu ingin tinggal di wilayah beriklim apa?

Sumber : okezone.com

0 comments: