Anaknya Ditolak 2 Sekolah Inklusi, Asri Welas: Menerima Keterbatasan Itu Masih Sulit

Selasa, Desember 20, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

https: img.okezone.com content 2022 12 20 33 2730684 anaknya-ditolak-2-sekolah-inklusi-asri-welas-menerima-keterbatasan-itu-masih-sulit-iiMTWiq3rV.jpg


Asri Welas merasa sedih saat harus menerima kenyataan bahwa anak keduanya, Rayyan Gibran Ridha Rahardja, alias Ibran, tak diterima untuk masuk ke sekolah. Mengetahui keterbatasan anaknya, Asri Welas pun mengaku bahwa dirinya sengaja mendaftarkan anaknya di sekolah inklusi.

Sayangnya, sekolah inklusi yang didatanginya juga menolak Ibran masuk hingga ia merasa didiskriminasi lantaran ketidaksempurnaan putranya. Nahasnya, wanita 43 tahun ini menyebut bahwa bukan hanya satu sekolah saja yang menolak bocah 5 tahun itu.

"Tapi ada sekolah yang takut menerima keadaan kayak Ibran, aku nanya ke sekolahnya kenapa nolak Ibran kenapa bisa ditolak dan didiskriminasi," kata Asri Welas saat ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (19/12/2022). 

"Baru 2 yang menolak belum ada fasilitas, tapi ada nama sekolah inklusi. Itu sekolah inklusi tapi pas daftar Ibran jadi ditolak," lanjutnya.

Mengetahui kenyataan tersebut, bintang Cek Toko Sebelah 2 ini pun mengeluhkan soal sulitnya mencari pendidikan di Indonesia untuk anak yang memiliki keterbatasan. Padahal, sekolah inklusi sendiri memang ditujukan untuk anak berkebutuhan khusus agar bisa menerima pelajaran dan lingkungan yang sama dengan anak reguler.

"Baru kerasa nih sama Asri ternyata mencari pendidikan yang sesuai dengan anak kita di Indonesia masih sulit ya," ungkap Asri Welas. 

Asri Welas (Ayu/MPI)

Sambil mengusap air mata yang terus mengalir, Asri Welas berharap agar tahun depan akan semakin banyak sekolah inklusi. Hal itu diharapkannya agar sang putra bisa segera bersekolah dan memiliki teman-teman.

"Menerima keterbatasan itu masih sulit jadi mudah-mudahan tahun depan Indonesia banyak sekolah-sekolah inklusi yang dibutuhkan Ibran atau anak-anak lain, punya kesempatan untuk sekolah sama seperti anak-anak lainnya," tutur Asri Welas.


"Nggak ada anak yang mau dilahirkan seperti Ibran kan kasian. Harusnya di survey dulu supaya anak-anak ada masa depan. Pengen banget dia sekolah dan punya temen, udah waktunya masuk TK," pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, anak kedua Asri Welas divonis mengidap katarak kongenital sejak usianya baru 3 bulan. Ibran sendiri diketahui sudah sempat menjalani operasi katarak.

Saat ini, kondisi Ibran pun bisa dikatakan sudah mulai membaik. Bahkan, ia bisa melihat dengan menggunakan kacamata plus 16.



Sumber : OKEZONE.COM

0 comments: