Apa Itu Love Bombing? Kenali Ciri-ciri, Penyebab, Bahaya hingga Cara Mengatasinya

Senin, Desember 19, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Apa Itu Love Bombing? Kenali Ciri-ciri, Penyebab, Bahaya hingga Cara Mengatasinya

 Love bombing ramai diperbincangkan di media sosial. Istilah love bombing ini pertama kali bermunculan di media sosial seperti Tiktok dan Instagram. Bahkan di kedua platform tersebut istilah ini kerap menjadi bahan perbincangan netizen. Sebenarnya, apa itu love bombing? 

Untuk mengetahui pengertian apa itu love bombing, mari simak ulasannya di bawah ini lengkap dengan ciri-ciri, penyebab, bahaya, dan cara mengatasinya yang dirangkum dari berbagai sumber.

Pengertian

Love bombing adalah cara atau tindakan fisik maupun verbal yang dilakukan seseorang untuk menunjukkan kasih sayang kepada pasangannya.

Sekilas love bombing terdengar wajar dan tak berbahaya namun perlu kamu ketahui bahwa pasangan yang kerap melakukan love bombing akan menjadi boomerang.

Adapun wujud love bombing diantaranya dengan memberikan hadiah, perhatian, pujian, dan kasih sayang yang berlebihan.

Pada awalnya kamu mungkin akan merasa dimanjakan namun seiring berjakannya waktu kamu akan menyadari bahwa kamu hanya terjebak dalam cinta palsu.

Lalu bagaimana cara mengenali love bombing? Berikut adalah ciri-ciri love bombing yang harus kamu cermati.

Ciri-ciri Love Bombing

1. Memuji secara berlebihan

Semua manusia tentunya terkesan dengan pujian namun jika pujian tersebut dilakukan secara terus-menerus dan terkesan tak tulus maka hal tersebut adalah pertanda kalau pasangan kamu sedang melakukan love bombing.

Seseorang yang melakukan love bombing meyakini bahwa memuji adalah salah satu cara untuk memikat hati pasangan sekaligus memanipulasi hubungan.

2. Mudah untuk Berkomitmen

Jatuh cinta atau memutuskan berkomitmen bukanlah hal yang mudah. Dalam hubungan seseorang harus saling mengenal satu sama lain, merasa nyaman dan cocok sebelum akhirnya memutuskan untuk berkomitmen.

Nah jika kamu bertemu seseorang yang dengan mudahnya mengaku jatuh cinta dan mengajak berkomitmen makanya jangan mudah terperdaya.

Ada baiknya kamu menahan diri dan mengenali kepribadian orang tersebut secara mendalam sebab bisa jadi sebuah komitmen terjadi begitu cepat adalah tanda love bombing.

3. Membombardir Dirimu dengan Hadiah dan Kejutan

Mendapat hadiah dan kejutan memang terdengar menyenangkan namun jika kedua hal itu dilakukan secara terus menerus maka kamu patut curiga.

Pasalnya, bisa jadi hadiah dan kejutan akan dijadikan senjata andalan untuk memanipulasi permasalahan yang ada dalam hubungan.

4. Selalu Mengusik

Membombardir kamu dengan  pesan dan telepon sepanjang hari, selalu minta diperhatikan, dan mengabaikan batas privasi.

Inilah ciri-ciri love bombing yang paling mudah dikenali. Jika pasanganmu mulai menunjukkan gelagat seperti ini maka ada baiknya kamu menarik diri.

Penyebab Love Bombing

Sampai di sini mungkin kamu akan bertanya-tanya mengapa seseorang harus melakukan love bombing. Penyebab seseorang melakukan love bombing adalah dorongan untuk memanipulasi diri kamu di awal hubungan.

Bahaya Love Bombing

Ketika hubungan kamj sudah berjalan maka love bombing dilakukan untuk menjerat kamu dalam situasi yang rumit bahkan tindakan ini kerap digunakan saat hubungan kalian sedang bermasalah.

Alih-alih duduk dan membicarakan masalah yang ada, pasangan yang kerap melancarkan love bombing memilih menghujani kamu dengan hadiah dan masalah yang sengguhnya terjadi tidak pernah benar-benar diselesaikan. Ketika kondisi seperti ini dibiarkan maka kamu akan terjebak dalam hubungan toxic.

Cara Mengatasi Love Bombing

Cara yang paling utama adalah kenali ciri-ciri love bombing. Jika kamu sudah mendapati ciri ini pada masa PDKT maka jangan lanjut ke tahap berikutnya.

Apabila kamu sudah terlanjur berada dalam hubungan yang seperti ini maka mulailah membuka diri dengan menceritakan masalahmu kepada teman, sahabat, atau orangtua.

Demikian ulasan mengenai pengertian apa itu love bombing lengkap dengan ciri-ciri, penyebab, bahaya, dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat.

Kontributor : Ulil Azmi

Uploading: 146485 of 146485 bytes uploaded.



Sumber : SUARA.COM

0 comments: