Bikin Merinding! 5 Bus Ini Nyasar Masuk ke Tengah Hutan, Kok Bisa?

Senin, Desember 19, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

https: img.okezone.com content 2022 12 18 86 2729426 bikin-merinding-5-bus-ini-nyasar-masuk-ke-tengah-hutan-kok-bisa-0iQl0MADaw.JPG
Ilustrasi. (Foto: Sc YouTube Taufik RS)

JAKARTA – Kejadian aneh kerap terjadi pada dunia transportasi, khususnya bus yang biasa jalan malam. Tak jarang bus tersebut keluar dari jalur seharusnya dan malah nyasar masuk ke hutan yang sebenarnya tak bisa dilalui bus.

Bus-bus yang nyasar masuk ke hutan sempat bikin heboh seluruh Indonesia. Kejadian tersebut selalu dikaitkan dengan kisah mistis.

Dikutip dari unggahan kanal YouTube Taufik RS, berikut lima bus yang nyasar ke hutan dan sempat menghebohkan masyarakat, terutama bagi mereka yang berada di Pulau Jawa.

1. Sidoro Tungga Jaya

	Bus Sindoro Tungga Jaya. (Foto: SC YouTube Taufik RS)

Bus Sidoro Tungga Jaya (STJ) menghebohkan jagat maya pada tahun 2019 karena tersesat di hutan Tunggangan, Wonogiri, Jawa Tengah. Dalam beberapa unggahan, terlihat bus terjebak di tikungan tajam.

Sebenarnya, itu merupakan jalan yang kerap digunakan oleh warga desa setempat untuk berlalu lalang, dan jalannya juga sudah beraspal. Namun, itu bukan jalur yang bisa dilalui oleh bus yang berbodi besar karena jalannya sempit.

Dikutip dari kanal YouTube RCTI Infotaindment, sang sopir mengatakan ada sosok perempuan misterius yang menemaninya sepanjang perjalanan. Tapi, tiba-tiba ada seseorang yang menyebrang sehingga membuat sopir melakukan rem mendadak.

“Saya kan hapal jalan di sini, saya juga mengirim lokasi ke teman saya. Jalannya bagus dan lebar, aspal baru. Begitu di sini saya rem tangan dan ada yang nyebrang jalan,” ungkap sang sopir bus STJ.Namun, bus STJ akhirnya berhasil dievakuasi dengan menggunakan truk derek, meski mengalami kerusakan pada bumper depan. Tetapi, penyebab utama bus tersebut bisa masuk ke dalam hutan belum dapat dikonfirmasi kebenarannya.

2. Garuda Mas

Bus Garuda Mas. (Foto: Taufik RS)

Bus Garuda Mas dengan trayek Jakarta-Blora itu tiba-tiba masuk ke hutan jati di daerah Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah pada tahun 2017. Kejadian tersebut menghadirkan berbagai spekulasi dan banyak di antaranya yang mengaitkan kejadian tersebut dengan hal mistis.

Berbeda dengan bus STJ, bus Garuda Mas benar-benar masuk ke dalam hutan yang sebenarnya hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki. Bus tersebut berhenti karena menabrak sebuah pohon besar yang menyebabkan bumper depannya hancur.

Meski banyak cerita mistis yang beredar, tetapi hal tesebut diduga karena sopir bus yang kelelahan dan mengantuk. Itu membuatnya tak sadar sudah keluar jalur dan masuk ke hutan hingga menabrak pohon.

Untuk mengevakuasi bus, sejumlah polisi dan warga sekitar menebang beberapa pohon jati dan prosesnya membutuhkan waktu yang cukup lama.

3. Jati Mas

Bus Jati Mas. (Foto: SC YouTube Taufik RS)

Pada 2016 lalu, netizen dihebohkan dengan sebuah bus Jati Mas yang tiba-tiba masuk ke dalam hutan jati di Kabupaten Blora, Jawa Tengah pada 2016. Dikabarkan, sopir dan kernet tidak menyadari bahwa bus yang dikemudikannya berada di tengah hutan pada dini hari.

Berdasarkan kronologi dari kepolisian, pada pukul 02.00 WIB, bus Jati Mas dari Kabupaten Demak tiba di SPBU Jagong, Kecamatan Kunduran, Kabupaten Blora. Sekitar pukul 02.15 WIB ada orang yang mengaku dari panitia dengan mengendarai SPM menjemput bus itu,

Sekitar pukul 03.00 WIB sopir bus Jati Mas merasa ragu dan akhirnya berhenti di Pos 7 Perhutani dukuh Nglecong desa Botoreco, Kecamatan Kunduran Blora. Kemudian, rencana kembali dan yang jemput juga ikut memberi aba-aba pada saat putar balik.

Tiba-tiba lampu bus Jati Mas mati semua. Selanjutnya sopir turun dari bus dan melihat ban belakang terperosok dalam lumpur di tengah hutan. Sekitar pukul 05.30 WIB, sopir dan kernet meminta tolong kepada masyarakat yang lewat, namun tidak ada yang menolong.

Pihak Perhutani akhirnya mencarikan mesin derek di Kecamatan Jati. Pada pukul 06.30 WIB mesin derek tiba di TKP dan pukul 07.00 WIB Bus Jati Mas sudah berhasil diangkat ke jalan aspal lagi.

Selanjutnya bus Jati Mas menuju SDN 2 Plosorejo, namun pihak sekolah menyampaikan bahwa pelaksanaan wisata diundur saja karena sudah siang. Selanjutnya bus Jati Mas kembali ke garasi depan Koperasi Todanan dan kembali berangkat pukul 02.00 WIB untuk mengangkut wisata siswa siswi SDN 2 Plosorejo.

Kabar mengenai bus yang masuk ke hutan memang benar, tapi cerita tentang ada hal gaib yang menyebutkan membawa mereka masuk ke hutan hanya karangan sopir bus dan kernet agar tidak mendapat teguran dari operator bus.

4. Sumber Alam

Ilustrasi. (Foto: Antara)

Kejadian mesterius juga dialami oleh kru bus Sumber Alam dengan trayek Jakarta-Yogyakarta, yang berangkat melewati jalur alternatif Brebes, Jawa Tengah pada tahun 2014. Bus tersebut melewati pertigaan Gedung Nasional menuju jalan Desa Wangandalem, Kecamatan Brebes, bukan dari jalur Brebes arah Jatibarang.

Namun, sang sopir bus salah mengambil arah di jalur alternatif tersebut sehingga menuju ke jalan buntu Desa Terlangu yang terdapat tanggul sungai Pemali. Alasan memilih jalur tesebut, karena sang sopir mengaku mendapatkan arahan dari dua penumpang yang mengenakan jubah hitam misterius.

Tetapi, setelah dua orang itu turun, sopir baru menyadari bahwa tidak melewati jalur yang semestinya. Sopir yang bernama Eko itu mengaku bahwa dirinya mengemudi di jalan tol, bahkan terdapat rumah makan seperti rest area.

Hal ini menjadi perbincangan warga yang ada di lokasi tersebut karena sang sopir bus juga mengatakan sangat mudah melalui jalan tersebut. Padahal terdapat gapura, dan ketika bus keluar dari jalan tersebut menyenggol gapura yang membuatnya rubuh.

5. Pahala Kencana

	Bus Pahala Kencana. (Foto: SC YouTube Taufik RS)

Peristiwa misterius yang sangat menghebohkan warga ini terjadi pada 2012 lalu, ketika sebuah bus Pahala Kencana melaju dari Jakarta menuju Madura dengan membawa 33 penumpang.

Saat tiba di hutan Gadogan, Desa Kedung Bacin, Kecamatan Todanan, Kabupaten Blora, sekitar pukul 02.30 WIB. Bus Pahala Kencana mengikuti sebuah truk tangki dan mencoba menyalipnya karena berjalan cukup lambat.

Ketika mencoba untuk menyalip truk berukuran besar tersebut, kedua kendaraan bersenggolan yang membuat mereka berhenti. Kru bus dan truk terkejut mereka berada di jalan setapak di tengah hutan.

Mengherankan lagi, tak ada jejak ban atau rumput yang terinjak sebuah kendaraan besar. Hingga saat ini tak diketahui bagaimana kedua kendaraan besar tersebut bisa sampai masuk ke dalam hutan yang tak bisa dilalui dengan mudah oleh truk dan bus.

Sumber : okezone

0 comments: