Bisnis dan Kekayaan Suami Puan Maharani Happy Hapsoro Si Bos Perusahaan Gas

Senin, Desember 12, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Bisnis dan Kekayaan Suami Puan Maharani Happy Hapsoro Si Bos Perusahaan Gas
Ketua DPR RI, Dr. (H.C.) Puan Maharani. (Dok: DPR)

Suara.com - Nama Hapsoro Sukmonohadi atau akrab disapa dengan Happy Hapsoro memang jarang terdengar. Padahal Happy Hapsoro adalah suami dari orang nomor satu di DPR RI, Puan Maharani. Bisnis dan kekayaan suami Puan Maharani ini pun tak kaleng-kaleng. Happy Hapsoro merupakan pengusaha yang pernah menduduki posisi komisaris untuk berbagai perusahaan. 

Happy Hapsoro pernah menjabat komisaris di PT Rukun Raharja Tbk, PT Meteor Mitra Mandiri, PT Prima Utama Mandiri, dan PT Internusa Pratama. Rukun Raharja yang menggarap pembangunan pipa minyak bumi di Batam – Bangka – Dumai dan Minas – Duri- Dumai menelan anggaran lebih dari Rp4 triliun. Emiten milik PT Rukun Raharja atau RAJA yang melantai di bursa saham tahun ini mencatatkan peningkatan laba besar hingga akhir kuartal III/2022.

Total pendapatan RAJA per Septermber 2022 adalah USD 87,87 juta atau sekitar Rp1,37 triliun. Pendapatan ini melonjak lebih dari 20 persen dibanding periode sebelumnya yang hanya USD 72,72 atau Rp1,1 triliun.

Melonjaknya laba RAJA ini sangat dipengaruhi oleh peningkatan penjualan gas PT Rukun Raharja yang naik lebih dari 14 persen secara tahunan. Dari deskripsi ini, bisa dibayangkan berjalannya bisnis dan kekayaan suami Puan Maharani, Happy Hapsoro. Kendati demikian, Happy Hapsoro tak pernah menyebutkan secara eksplisit jumlah kekayaannya.

Kekayaan Puan Maharani

Sang istri Puan Maharani pun tak kalah tajir. Diketahui Puan Maharani tidak cuma menjabat sebagai Ketua DPR RI. Dia juga memiliki bisnis jual-beli tanah yang mendatangkan keuntungan sangat besar. Tak heran jika harta kekayaan Puan Maharani dilaporkan meningkat. 

Terakhir kali Puan melaporkan jumlah harta kekayaan miliknya yang dikutip dari LHKPN pada tanggal 31 Desember 2020 sebesar Rp382,41 miliar tepatnya Rp382.409.147.741. Jumlah kekayaan tersebut dikatakan mengalami kenaikan yang cukup pesat dibanding tahun sebelumnya.

Mengutip LHKPN, pada 2014, saat Puan baru menjabat Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, jumlah kekayaannya sebesar Rp162,56 miliar. Lalu tahun 2017, hartanya naik pesat mencapai Rp302,77 miliar.

Harta kekayaan Puan yang memiliki nilai cukup dominan yakni dari kepemilikan tanah serta bangunan yang mencapai Rp149,34 miliar. Aset propertinya tersebut tersebar di beberapa daerah di Indonesia.

Selain itu, Puan juga berbisnis sebagai juragan tanah. Tercatat ia mempunyai 75 bidang tanah serta bangunan. Tanah Puan Maharani banyak yang tersebar di wilayah Pulau Bali yakni di Kota Denpasar, Gianyar, Kabupaten Badung, Bangli, Tabanan, dan Klungkung. Selain Bali, Puan juga memiliki tanah di kawasan Jabodetabek, yakni di  Jakpus (Jakarta Pusat), Jaksel (Jakarta Selatan), Depok dan Bogor.

Sumber : suara

0 comments: