Cara Jualan Online untuk Pemula Biar Laris dan Cepat Laku

Kamis, Desember 01, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Cara Jualan Online untuk Pemula Biar Laris dan Cepat Laku
Ilustrasi seorang pebisnis senang karena jualan online-nya laris manis. (Dok: Ruparupa.com)

Suara.com - Bisnis online saat ini semakin banyak yang membutuhkan. Sebagian masyarakat memiliki keinginan untuk bisa menjalankan bisnis online. Bagi pemula ada beberapa cara jualan online agar usahanya laris. Meski persaingan ketat jika tahu cara untuk memaksimalkan penjualan maka keuntungan bisnis online yang diraih akan fantastis.

Cara Jualan Online Untuk Pemula

Pelaku bisnis pemula harus memiliki semangat yang tinggi ketika memutuskan untuk membuka usahanya sendiri.. Dalam mengelola sebuah bisnis online akan sering mengalami kegagalan terutama ketika masih dalam tahap merintis usaha tersebut. Oleh karena itu, sebagai pelaku usaha harus ada rasa semangat yang besar.

Selain itu, ada beberapa hal lain yang juga penting dan harus dimiliki oleh seorang pebisnis. Inilah beberapa cara jualan online untuk pemula yang bisa dipraktekkan:

1. Persiapan Mental

Bagi Anda yang belum ada pengalaman sama sekali dalam mengelola sebuah bisnis, persiapan mental ini sangat penting. Pada awal memulai sebuah usaha online, pebisnis akan menghadapi persaingan yang kuat dan adanya kemungkinan gulung tikar akibat kalah bersaing di pasar.

Kondisi dimana produk belum ada peminat meski bisnis sudah jalan beberapa bulan, tidak ada pemasukan, dan lain sebagainya menuntut seorang pelaku usaha harus bermental kuat. Menanamkan pada diri sendiri, kegagalan adalah sebuah pengalaman serta cara untuk belajar yang baik supaya bisa lebih baik dalam mengelola bisnis.

2. Menentukan Produk

Cara berikutnya di sini adalah menentukan produk apa yang akan dijual nantinya. Dalam hal ini perlu adanya riset pasar untuk bisa tahu kebutuhan masyarakat saat ini. Namun bagi yang masih ingin mencoba dan modalnya minim bisa juga menentukan produk dari hal yang digemari dan tidak butuh modal besar.

Tak hanya itu, masih ada juga cara lain dalam menentukan sebuah produk atau layanan yang akan dijual secara online. Menjual sebuah produk atau layanan berdasarkan sesuatu yang sedang viral juga bisa dilakukan. Pilihan terakhir agar bisa menentukan produk adalah mencari inspirasi dari kompetitor. Coba cari sebuah produk milik orang lain, lalu lakukan sedikit modifikasi serta inovasi agar memiliki produk sendiri yang lebih menarik dan unik.

3. Membuat Rencana Bisnis

Jika sudah menentukan produk yang akan dijual, maka langkah selanjutnya adalah membuat perencanaan bisnis agar nanti proses menjalankan bisnis lebih terarah. Dalam membuat rencana bisnis ini penting untuk menulis segala sesuatu dengan sangat detail dan terperir dengan baik.

Tulis apa saja yang dibutuhkan beserta perkiraan harganya. Agar tahu kisaran harga tersebut maka perlu mencari tahu terlebih dahulu dengan cara bertanya langsung pada penjual atau melakukan riset melalui marketplace.

Jika sudah tahu apa saja perlengkapan yang akan dibeli maka selanjutnya tulis juga siapa yang jadi target pasarnya. Hal ini masuk dalam perencanaan bisnis agar nanti dalam membuat keputusan jadi lebih jelas dan terarah terutama untuk proses pemasaran.

Rencana bisnis ini harus dibuat dan disusun dengan rapi serta matang. Jika tidak nanti dalam menjalankan sebuah bisnis online akan sulit mencapai apa yang diinginkan. Arah langkah tidak akan menentu dan rawan mengalami kerugian.

4. Mencari Supplier

Setelah penyusunan rencana bisnis sudah selesai dan semua terperinci dengan baik, maka selanjutnya di sini yang perlu dilakukan adalah mencari supplier yang tepat. Pencarian supplier ini nanti berkaitan erat dengan proses produksi.

Carilah supplier yang memiliki barang berkualitas namun harganya terjangkau. Biasanya untuk pelaku bisnis yang mengambil produk supplier dalam jumlah besar akan mendapatkan potongan cukup besar.

Jadi ketika nego harga dengan supplier sebutkan saja kalau Anda adalah pelaku bisnis yang ingin bekerja sama dengan supplier terkait. Selain mendapatkan potongan harga, hubungan baik juga akan terjalin.

5. Menetapkan Harga Produk

Jika bahan baku produk sudah diketahui setelah mencari supplier, maka selanjutnya menentukan harga produk. Dalam menetapkan harga produk selain melihat dari harga bahan bakunya, lakukan riset juga untuk harga jual dari para kompetitor di pasaran.

Jangan terlalu terpaku dengan keuntungan yang besar dalam menjual satu produk, tapi fokus pada penjualan produk yang banyak. Semakin banyak barang yang terjual maka nanti keuntungannya juga besar.

Meski keuntungan dari penjualan satu produk tidak banyak dan besar, jika kualitas terjaga dan harga jual tergolong ekonomis, akan banyak pelanggan yang akan membeli produk tersebut. Dari konsumen loyal, bisnis online akan berjalan dan terus menghasilkan.

6. Belajar Mengatur Keuangan

Dalam urusan bisnis mengatur keuangan sangat penting karena hal ini merupakan salah satu kunci sukses berbisnis. Pastikan untuk tidak membuat kesalahan hitung serta mencampur aduk keuangan pribadi dengan bisnis.

Baiknya dalam mengatur keuangan bisnis buatlah buku kas sederhana agar bisa mengetahui arus kas. Dalam penyusunan atau pembuatan buku kas harus dilakukan dengan teliti. Tuliskan semua pemasukan dan pengeluaran secara rinci dan sedetail mungkin. Pengeluaran sekecil apapun harus ditulis dalam pembukuan begitu juga dengan pemasukannya.

Memiliki pembukuan sederhana dalam sebuah bisnis bisa membantu pelaku bisnis untuk mengontrol besar dan kecilnya keuntungan maupun kerugian yang didapat. Dari sini juga bisa mencari dan menentukan langkah selanjutnya agar bisa lebih memajukan bisnis yang sedang dikelola. Pembukuan ini juga menjadi salah satu sarana melakukan evaluasi.

7. Melakukan Promosi Secara Rutin

Kunci sukses bisnis yang lain agar penjualan bisa memenuhi target maka harus melakukan promosi dengan baik dan rutin. Promosi untuk bisnis online bisa memanfaatkan akun media sosial dan website atau bisa disebut juga dengan marketing online

Jika promosi dilakukan dengan benar sesuai target pasar, hal itu bisa menjadi kunci sukses paling utama. Dengan melakukan promosi yang benar dan tepat maka penjualan bisa dengan mudah mencapai target. Tak hanya itu, pelanggan atau konsumen pun akan semakin bertambah.

8. Mencari Modal Tambahan

Bagi pemula yang memang ingin bisnis onlinenya berjalan lancar lebih baik menyiapkan dana tambahan sebagai bentuk antisipasi. Cara mencari modal tambahan bisa dengan cara menjadi affiliate perusahaan ternama.  Misalnya saja bergabung dengan program afiliasi BarengZurich.

Dari program tersebut affiliate hanya perlu melakukan promosi secara rutin menggunakan kode referal yang didapatkan agar banyak orang atau nasabah baru menggunakannya. Semakin banyak kode referal digunakan maka semakin banyak komisi yang didapatkan Affiliate.

Dari penghasilan tersebut nanti bisa dipakai untuk menambah modal bisnis online yang sedang dikelola. Pelaku bisnis harus banyak inisiatif baik untuk menyusun rencana bisnis hingga pencarian modal tambahan.

Nah, itu dia beberapa cara jualan online supaya cepat laku dan laris manis. Pastikan untuk selalu semangat dan pintar memotivasi diri selama menghadapi banyak kegagalan selama menjalankan bisnis online. Dengan begitu, jualan online yang Anda jalankan bisa cepat laku dan meraih kesuksesan.

Sumber : suara

0 comments: