Catat! Hindari 4 Kesalahan Umum Ini Ketika Makan Buah

Kamis, Desember 15, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Buah apel, stroberi, atau alpukat? Mana yang biasanya menjadi favorit kamu? Sebenarnya buah apa pun itu, ketika dimakan maka niscaya akan memberikan manfaat yang begitu besar bagi tubuh. Namun, ternyata tidak semua orang bisa berhasil mendapatkan keseluruhan manfaat dari buah-buahan, lho.
Jika kamu berpikir bahwa setiap buah selalu memberikan manfaat, maka itu bukanlah sesuatu yang salah. Akan tetapi, berbagai faktor mulai dari kondisi hingga cara mengonsumsi buah tersebut, dinilai dapat memengaruhi manfaat dari buah-buahan yang kamu makan.
Oleh karena itu, mengutip Healthshots setidaknya terdapat empat kesalahan paling umum yang biasa kamu lakukan ketika makan buah. Tentu, kesalahan tersebut perlu kamu hindari agar bisa mendapatkan manfaat yang optimal dari buah-buahan. Nah, penasaran apa saja? Yuk, simak informasinya di bawah:

1. Memilih kombinasi buah yang salah


Jika kamu berpikir mencampur buah-buahan akan menambah manfaat bagi tubuh, maka mungkin perlu untuk dipertimbangkan lagi. Hal ini dikarenakan, pada beberapa kombinasi buah, alih-alih memberikan manfaat, justru akan membawa dampak yang kurang baik bagi tubuh.

Oleh karena itu, sebisa mungkin hindari kombinasi buah-buahan manis dengan asam yang mengandung sitrat. Salah satunya buah melon, jika kamu tidak bisa menghabiskannya sendiri, maka biarkanlah dan jangan mencoba untuk memakan buah yang lain.
Ini karena, buah melon memiliki kandungan air yang tinggi sehingga bila digabungkan dengan buah lain, dinilai akan menghambat proses pencernaan. Sebagai gantinya, kamu bisa mengkombinasikan buah-buahan manis dengan jenis manis lagi. Atau, buah asam yang mengandung sitrat dengan buah asam lainnya.

2. Menambahkan garam pada buah-buahan

Mungkin kamu pernah berpikir bahwa buah-buahan yang dimakan dengan garam menjadi terasa lebih nikmat dan segar. Akan tetapi, hal tersebut ternyata bukanlah cara makan yang baik dan sehat.
Sebab, ketika kamu menaburkan garam, buah-buahan cenderung akan melepaskan kandungan airnya. Hal ini ternyata juga menjadi tanda bahwa buah yang akan kamu makan, mungkin saja telah kehilangan nutrisinya. Oleh sebab itu, disarankan untuk mengonsumsi buah secara mentah.

3. Memakan buah setelah makan

Rasa asam dan manis yang menyegarkan memang begitu menggoda siapa saja untuk memiliki satu atau dua gigitan pada buah setelah makan. Akan tetapi, hal ini justru akan mengganggu proses pencernaan makanan kamu, lho.
Kandungan gula, karbohidrat dan protein pada buah dinilai akan memperlambat proses pencernaan bila dikonsumsi setelah kamu makan. Terlebih, pada beberapa kasus mungkin kamu akan merasakan sakit perut sebagai efek sampingnya. Oleh karena itu, waktu terbaik mengonsumsi buah adalah sekitar 30 menit hingga satu jam setelah makan.

4. Mencuci buah setelah dipotong

Terakhir, hindarilah mencuci buah setelah kamu memotong-motongnya. Memang, sangat penting untuk mencuci buah atau sayuran sebelum memakannya. Akan tetapi, jika mencuci buah yang telah dipotong-potong, maka ada kemungkinan kamu akan menghilangkan kandungan vitamin dan mineral di dalamnya.
Sumber : kumparan.com

0 comments: