Celine Dion Sulit Berjalan dan Bernyanyi karena Gangguan Neurologis Langka Stiff-Person Syndrome

Kamis, Desember 15, 2022 Jarmani. S.Pd, M.Pd 0 Comments



Celine Dion akhirnya mendapat jawaban atas gangguan kesehatan yang sudah lama ia derita. Dalam video berbahasa Inggris dan Prancis yang ia bagikan pada Kamis (8/12/2022) kemarin, ia menjelaskan bahwa dirinya menderita Stiff-Person Syndrome.

“Aku selama ini menghadapi masalah dengan kesehatanku dalam waktu yang sudah lama. Dan sangat sulit bagiku menghadapi tantangan ini, dan membicarakan apa yang terjadi kepadaku,” tutur wanita asal Kanada tersebut.

Ia menambahkan, “Baru-baru ini aku menerima diagnosis gangguan saraf yang sangat langka, disebut stiff-person syndrome yang menyerang sekitar satu dari sejuta orang,” kata dia.

Pelantun OST Titanic “My Heart Will Go On” ini bercerita, bahwa diagnosis ini akhirnya menjelaskan mengapa ia kerap mengalami spasme atau kejang otot. Peraih lima piala Grammy ini menjelaskan bahwa spasme ini sangat mengganggu aktivitas kesehariannya.“Kadang aku mengalami kesulitan saat berjalan, dan hal ini tidak mengizinkanku menggunakan pita suaraku untuk bernyanyi seperti yang biasanya kulakukan,” kata dia.

Tak cuma itu, Celine juga terpaksa memundurkan sebagian konsernya yang telah dijadwalkan pada 2023 menjadi tahun 2024. Yakni pertunjukan sepanjang musim semi dan delapan konser yang rencananya digelar pada musim panas.

“Sakit rasanya mengatakan hal ini kepadamu pada hari ini. Ini artinya, aku tak akan siap memulai kembali turku di Eropa pada Februari,” ujarnya dalam suara bergetar menahan tangis.
Celine Dion memastikan ia tak akan menyerah menghadapi kondisinya ini. Ia menjalani terapi setiap hari untuk membangun kembali kekuatannya sehingga ia bisa kembali manggung.


“Namun harus kuakui bahwa ini adalah sebuah pergulatan,” kata dia.

Tetap saja, ia berkeras hati melakukan semua ini demi bisa kembali bernyanyi di panggung.

“Aku hanya tahu bernyanyi. Hal ini yang kulakukan seumur hidupku. Dan hal inilah yang paling kucintai,” kata dia.
Berusaha 100 Persen
Di pengujung pernyataannya, Celine Dion terlihat emosional saat mengutarakan keinginannya, bisa bertemu lagi dengan para penggemarnya secara langsung.

“Saya selalu berusaha 100 persen saat manggung, tapi kondisi saya sekarang tak memungkinkan,” kata dia.Ia menambahkan, “Untuk kembali menemui kalian, aku tak punya pilihan selain berkonsentrasi pada kesehatan saya saat ini," kata dia.

Sumber : liputan6.com

0 comments: