Fakta Menarik Gua Maria Tritis, Wisata Rohani di Gunung Kidul

Sabtu, Desember 17, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


GUA Maria Tritis salah satu situs wisata rohani yang cocok dikunjungi saat momen Natal. Letaknya di Dusun Bulu, Desa Giring, Kecamatan Paliyan, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tepatnya di Jalan Sapto Sari, sekitar 50 kilometer dari Kota Yogyakarta.

Gua Maria Tritis berada di antara perbukitan karst Gunung Kidul, sehingga sangat eksotif dan menarik buat dikunjungi. Stalaktit yang menggantung di langit-langit gua sangat keren dan sering menetes air.

Itulah sebab dinamakan Tritis yang berasal dari kata bahasa Jawa yakni Trumatitis yang artinya menetes.

Gua Maria Tritis kerap dijadikan tempat ziarah oleh umat Katolik, karena di sini terdapat patung Bunda Maria berukuran besar. Bagi warga Kristiani berada di Gua Maria terasa lebih dekat dengan Tuhan dan bisa menyatu dengan alam.

Untuk mencapai patung tersebut, Anda harus melewati ladang jati, menaiki serta menuruni jalan yang berkelok diantara perbukitan nan tandus. Peziarah juga akan diberikan dua pilihan jalan, yaitu yang berjarak 1,5 kilometer atau 500 meter.

Selain itu, terdapat pula altar bangunan kudus yang terletak di tengah gua. Sementara itu untuk tempat duduk umat yang berziarah berupa hamparan kursi panjang. Bagi umat Katolik, bisa berdoa dengan khusyuk di gua ini karena keberadaan patung Bunda Maria.

(sal)

Uploading: 146485 of 146485 bytes uploaded.



Sumber : OKEZONE.COM

0 comments: