Fasih 11 Bahasa, Emak-emak di 'Kampung TKW' Ngegosip Berbahasa Arab

Senin, Desember 12, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Majalengka - Kampung Kaputren, Desa Putri Dalem, Kecamatan Jatitujuh, Kabupaten Majalengka mempunyai keistimewaan tersendiri. Warga di kampung tersebut fasih 11 bahasa asing.

Mahirnya warga Kaputren menguasai bahasa asing bukan tanpa alasan. Warga di kampung tersebut banyak yang bekerja di luar negeri, sehingga penduduk di kampung tersebut fasih berbahasa asing. Oleh karena itu, julukan 'Kampung TKW' melekat kuat dengan Kampung Kaputren.

"Bahasa yang dikuasainya itu ada Arab, Qatar, Kuwait, Inggris, Hongkong, Mandarin, Jepang, Korea, Brunei, Singapura dan Malaysia. Betul, karena mereka pernah kerja di sana," kata Lurah kampung Kaputren kepada detikJabar.

Meski sudah kembali ke negara asalnya, mantan pekerja migran di kampung tersebut kerap berbicara bahasa asing. Hal itu seperti yang dilakukan Uun (45), eks TKW Arab Saudi dan Abu Dhabi

"Iya sama yang udah berangkat kerja di luar negeri mah kalau ngobrol suka gitu (pakai bahasa asing). Soalnya kalau udah pernah kerja di sana mah enggak bakal lupa," kata Uun.

Selayaknya emak-emak pada umumnya. Uun mengaku sering 'ngegosip' dengan eks TKW lainnya menggunakan bahasa negara asal ia bekerja.

"Pernah (ngegosip pakai Bahasa Arab), malahan kata orang yang enggak ngerti mah suka nanya lagi pada ngobrol apa sih. Kita mah ketawa-ketawa aja," ucap dia ditambah gelak tawa saat berbincang dengan detikJabar.

Uun yang sudah 'pensiun' jadi TKW sejak tahun 2011 itu kini beraktivitas menjadi guru bahasa Arab di Sekolah Bahasa Kaputren.

"Saya ke keluarga juga suka ngajarin bahasa Arab. Adik juga ke luar negeri, ya diajarin bahasa," ujar dia.

Sumber : detik.com

0 comments: