Ilmuan Ungkap Tanah di Mars Berpotensi Layak dihuni Jangka Panjang

Sabtu, Desember 17, 2022 Jarmani. S.Pd, M.Pd 0 Comments



Ditemukan Tanah Liat dalam Sedimentasi

Eksplorasi planet Mars terus dilakukan para ilmuwan dunia. Beru-baru ini Ilmuwan menemukan sejumlah tanah di Mars menunjukkan kondisi layak huni kehidupan jangka panjang.

Penemuan ini berdasarkan hasil studi menyeluruh terhadap gambar yang diambil oleh Mars Reconnaissance Orbiter. Studi ini mengatakan salah satu bagian dari planet merah itu ternyata dapat menampung kehidupan beberapa kali selama miliaran tahun.

Para ilmuwan menemukan sedimen yang mengandung tanah liat di daerah Ladon Valles Utara dan cekungan ladon selatan. Juga ditemukan di dataran tinggi barat daya dan semua bagian dari area Margaritifer Terra yang berkawah luas.

“Tanah liat merupakan sumber nutrisi dan stabilisator bagi mahluk hidup. Sehingga peluang organisme untuk bertahan hidup meningkat secara signifikan,” kata ilmuwan senior di Planetary Science Institute di Arizona, Catherine Weitz ditulis Satu Viral.Tanah liat tersebut menunjukkan keberadaan air dalam jangka panjang. Hal itu dikarenakan kawah tersebut terbentuk di bawah kondisi pH netral dengan penguapan air minimal.

Penemuan Membuka Tabir Dugaan Kehidupan di Masa Lalu
Menurut peneliti, air sudah mengalir di sini dari sekitar 3,8 miliar tahun yang lalu hingga sekitar 2,5 miliar tahun yang lalu.


“Sedimen itu mengandung tanah liat sepanjang 200 kilometer [124 mil]. Ini adalah bukti bahwa sebuah danau kemungkinan besar ada di dalam cekungan Ladon dan Ladon Valles utara,” jelas Catrine.

Meski temuan studi bahwa tanah di Mars layak huni, namun ini bukan merupakan bukti kehidupan. Temuan ini menunjukkan kondisi yang mungkin mendukung kehidupan.
Peneliti menduga, tanah liat awalnya terbentuk di sekitar tempat yang lebih tinggi di atas cekungan Ladon.

Kemudian terkikis oleh saluran air dan diangkut ke hilir ke sebuah danau di cekungan Ladon. Studi terbaru ini mendukung gagasan bahwa air pernah ada dan mengalir di Mars.

“Keadaan danau berenergi rendah dan keberadaan tanah liat itu pun mendukung lingkungan yang menguntungkan bagi kehidupan pada waktu itu,” ujarnya.Hasil penemuan ini menafsirkan kondisi Mars baik di permukaan maupun di dalam permukaan Mars. Jika memang benar ada mahluk hidup, apakah kamu berniat untuk hidup dan tinggal di planet Mars?

Sumber :berita.viral.com

0 comments: