Ini Alasannya Kenapa Kepulauan Maluku Dijuluki The Spicy Island!

Selasa, Desember 20, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

https: img.okezone.com content 2022 12 17 408 2729068 ini-alasannya-kenapa-kepulauan-maluku-dijuluki-the-spicy-island-eXd6yjugx3.jpgPantai Santai di Maluku (Foto: dispar.malukuprov.go.id)

MENGUAK alasan kenapa Kepulauan Maluku dijuluki The Spicy Island atau pulau rempah-rempah. Maluku memiliki alam yang cantik baik di permukaan maupun di bawah laut dengan terumbu karang dan aneka ikan. Maluku juga masyhur rempah-rempah sejak dulu.

Diketahui komoditas utama Kepulauan Maluku adalah cengkeh. Adapun wilayah yang menjadi penghasil cengkeh di Maluku adalah Ternate, Tidore, Moti, Makian, dan Bacan.

Melansir dari laman resmi resmi Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual, Kepulauan Maluku termasuk Maluku Utara adalah wilayah yang kaya akan rempah-rempah. Tak hanya cengkeh, tapi juga pala.

Oleh sebab itu, kawasan dengan beragam pulau yang indah ini dijuluki sebagai Kota Rempah (The Spice Island).

Keterlibatan Maluku di dunia perdagangan internasional berkaitan erat dengan dua komoditas tersebut. Sejak zaman dulu, rempah-rempah tersebut telah menjadi komoditas utama dalam dunia perdagangan dan banyak penggemarnya.

Bahkan, pada masa pemerintahan kerajaan-kerajaan maritim di nusantara seperti Sriwijaya dan Majapahit menghidupkan jalur dagang Ternate, Hitu, Jawa Timur, dan China.

Dari situlah para pedagang yang berasal dari China dan India mengetahui bahwa Maluku terlibat dalam perdagangan di Asia Tenggara.

Kepulauan Maluku pun semakin ramai lantaran menjadi pusat perdagangan rempah-rempah yang disinggahi para pedagang dari berbagai negara.

Perdagangan di kawasan Maluku pun terus berkembang hingga masa kerajaan Islam di abad ke-15 hingga kedatangan bangsa Eropa

Bangsa barat diketahui datang ke Maluku setelah jatuhnya Konstantinopel dengan mencari jalan ke dunia Timur untuk menemukan pulau rempah-rempah.

Itulah alasan kenapa Maluku dijuluki The Spicy Island.

Sumber : okezone

0 comments: