Ini Kecanggihan Pesawat Militer 'Jumbo' Airbus A400M yang Akan Dimiliki Indonesia

Rabu, Desember 14, 2022 Jarmani. S.Pd, M.Pd 0 Comments



Indonesia resmi menjadi negara ke-10 operator pesawat militer 'jumbo' Airbus A400M. A400M merupakan pesawat angkut militer canggih dan berkemampuan tinggi, yang membuat pesawat ini mengungguli para kompetitornya.

Dikutip dari situs resmi Airbus, A400M merupakan pesawat multi-peran yang pertama kali diluncurkan tahun 2003. Pesawat ini dibuat berdasarkan kebutuhan negara-negara anggota Organisation Conjointe de Coopération en matière d'ARmement (OCCAR) yang terdiri dari Belgia, Prancis, Jerman, Luksemburg, Spanyol, Turki, dan Inggris, ditambah Malaysia yang bergabung dengan program ini pada 2005.

Pesawat ini dirakit secara modular, dengan banyak komponen diproduksi di berbagai negara. Perakitan Airbus A400M dilakukan di Spanyol, sayap (sebagian besar dirancang dengan bahan komposit) diproduksi di Inggris, sedangkan badan pesawat dibuat di Jerman. A400M melakukan penerbangan pertamanya pada 11 Desember 2009. Pesawat produksi pertama dikirim ke Angkatan Udara Prancis pada Agustus 2013.

Airbus mengklaim A400M sebagai pesawat angkut tercanggih yang teruji, tersertifikasi, dan beroperasi dengan teknologi canggih abad 21. A400M diklaim bisa mengangkut sebagian besar peralatan angkatan bersenjata penting yang tidak lagi muat di pesawat angkut taktis generasi sebelumnya, seperti helikopter kelas berat, kendaraan tempur infanteri, atau ekskavator. Pesawat ini punya ruang kargo hingga 340 meter kubik dan bisa mengangkut berat hingga 37 ton.

Pesawat ini mampu mengangkut 116 personel dengan peralatan lengkap siap tempur, juga mampu mengangkut Patriot Launcher dan Hemtt Truck, helikopter NH90, CH-47 Chinook, juga 9 Palet Military. Selain buat kepentingan militer, pesawat ini juga bisa digunakan untuk aksi-aksi kemanusiaan seperti pesawat logistik untuk menuju tempat bencana alam.


Tak hanya bisa diandalkan buat mengangkut yang berat-berat, Airbus A400M juga bisa digunakan sebagai pesawat penyuplai bahan bakar, mengingat pesawat ini memiliki kapasitas tangki bahan bakar hingga 63.000 liter. A400M bisa mengisi bahan bakar dua pesawat tempur (contohnya Eurofighter) di udara, sehingga lebih efisien.

Soal performa, Airbus A400M dibekali empat mesin turboprop EuroProp International (EPI) TP 400 yang unik. Mesin itu mampu membawa A400M menjelajah hingga jarak mencapai 8.900 km, dengan ketinggian jelajah hingga 11.300 meter, bahkan 12.200 meter untuk operasi khusus. Pesawat jumbo ini mampu terbang dengan kecepatan Mach 0,72 (889 km/jam).

Airbus A400M juga dirasa sangat cocok dengan topografi Indonesia, sebab pesawat ini mampu mendarat hampir di mana saja. A400M dirancang buat beroperasi secara efisien dari lapangan udara mana saja, sekalipun lapangan terbang yang tidak beraspal, landasan pacu pendek, hingga ruangan yang terbatas untuk parkir atau manuver.

Sumber :detik.com

0 comments: