inilah Kota Paling Sepi di Jawa Timur, Cocok Buat Refresh Otak Usir Kejenuhan

Rabu, Desember 14, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

https: img.okezone.com content 2022 12 14 408 2726741 inilah-kota-paling-sepi-di-jawa-timur-cocok-buat-refresh-otak-usir-kejenuhan-wh8trcYQYT.JPGPantai Watu Karung di Pacitan, Jawa Timur (Foto: Instagram/@stancliffhernando)

JAWA Timur merupakan sebuah wilayah provinsi yang terletak di bagian Timur Pulau Jawa. Ibu kota dari wilayah ini adalah Surabaya.

Telah diketahui sebelumnya bahwa Surabaya, Malang, dan Jember adalah 3 kabupaten/kota dengan penduduk terbanyak di Jawa Timur.

Bahkan, Surabaya merupakan kota paling ramai di Jawa Timur. Hampir seperempat dari jumlah penduduk Jawa Timur bermukim di wilayah metropolitan Surabaya.

Terdiri dari 38 kabupaten dan kota, jika Surabaya menjadi kota terpadat dan teramai, lantas di mana kota paling sepi di Jawa Timur?

Mengutip dari Wikipedia, Jawa Timur memiliki luas yakni 48.033 km², dengan jumlah penduduk sebanyak 41.144.067 jiwa (tahun 2022) dan kepadatan penduduk 857 jiwa/km2.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur di bps.go.id, dan buku Provinsi Jawa Timur Dalam Angka 2022 yang diterbitkan Badan Pusat Statistik (BPS), Jawa Timur menyebutkan daerah yang paling sepi, yakni Kabupaten Pacitan.

Kampung halaman dari presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini menjadi kota paling sepi di Jawa Timur, dikarenakan kepadatan penduduknya dalam satu kilometer persegi hanya dihuni 424 jiwa.

Berada di ujung barat daya, sebagian wilayah di Pacitan merupakan bagian dari pegunungan Sewu. Meski di sebut sebagai kota paling sepi, Pacitan memiliki potensi pantai yang sangat indah.

Cukup banyak pantai wisata yang terdapat di Pacitan, di antaranya Pantai Klayar, Pantai Srau, Pantai Telengria, dan Pantai Kasap

Tidak hanya pantai yang indah, Pacitan juga terkenal dengan wisata gua yang bisa menguji Adrenalin Anda sekaligus memanjakan mata, seperti Gua Gong, Gua Tabuhan, Gua Kalak, dan Gua Luweng Jaran.

Sumber : okezone

0 comments: