Intip Kantor Pos India di Antartika, Jadi Favorit Turis Kapal Pesiar

Sabtu, Desember 10, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


https: img.okezone.com content 2022 12 08 408 2723336 intip-kantor-pos-india-di-antartika-jadi-favorit-turis-kapal-pesiar-PYP1KMnOeR.JPG

INDIA pernah punya kantor pos di Antartika, benua yang diselimuti es. Selain melayani pengiriman surat, kantor ini juga punya fungsi lain yang mendukung kerja para peneliti di sana. Lalu, bagaimana nasib kantor pos itu di era media sosial seperti sekarang?

Boomingnya internet zaman sekarang membuat peran kantor pos kian memudar. Dahulu orang-orang sangat bergantung dengan keberadaan kantor pos untuk berkirim surat.

Tapi, sekarang mengirim pesan atau surat sudah lebih praktis dan beragam seperti lewat email, WhatsApp, Instagram, Twitter, Facebook dan lainnya. Cukup pakai HP dan koneksi internet saja, orang bisa menembus batas.

Meski demikian, keberadaan kantor pos tetap dibutuhkan, walau tak seurgen dulu. Seperti untuk urusan pekerjaan birokrasi, perangko dan verifikasi identitas.

Melansir dari Times of India, dulu India punya kantor pos di Antartika. Namanya Dakshin Gangotri. Kantor ini didirikan pada tahun 1984, selama ekspedisi ketiga India ke Antartika.

Lokasinya terletak di Maitri, stasiun pangkalan ilmiah pertama India di Antartika.


Pada masanya, selain sepenuhnya berfungsi sebagai kantor pos, juga sebagai tempat untuk beberapa sistem pendukung, termasuk keberadaan pabrik pencairan es, laboratorium, penyimpanan, akomodasi, fasilitas rekreasi, klinik, bahkan counter bank.

Faktanya sebanyak 10.000 surat telah diposting dan dibatalkan di kantor pos sangat terpencil ini.

Ilustrasi

Namun, kantor pos ini harus dinonaktifkan pada tahun 1990 setelah setengahnya terkubur di bawah es. Hingga kini tempat tersebut menjadi salah satu persinggahan favorit wisatawan terutama dari India yang mengunjungi Antartika dengan kapal pesiar.


Sumber : OKEZONE.COM

0 comments: