Intip Pesona Bukit Teletubbies di Tanah Toraja, Sungguh Indah Menyejukkan Mata!

Selasa, Desember 13, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


MASIH ingat dengan Teletubbies? Sebuah film anak-anak yang fenomenal di era 90-an, masih menyisakan kenangan yang ikonik bagi para penikmatnya.

Salah satunya bukit di mana keempat karakter Teletubbies ini tinggal. Meski hanya sebuah film, ternyata di Indonesia mempunyai bukit Teletubbies asli lho.

Adalah bukit Ollon atau tebing romantis yang terletak di Buakayu, Kecamatan Bonggakaradeng, Tana Toraja, Sulawesi Selatan ini memiliki visual yang luar biasa indah, dengan deretan tebing menyerupai Bukit Teletubbies asli.

Tak tanggung-tanggung, sejauh mata memandang Anda akan dimanjakan dengan deretan pegunungan hijau yang mengelilingi tebing romantis ini. Udara di sana juga sangat sejuk, membuat pengunjung yang datang betah untuk berlama-lama di sana.

Bukit Ollon, Tana Toraja, Sulsel

(Foto: Instagram/@aldi_geri)

Oleh karena itu, tidak heran jika tempat ini menjadi salah satu objek wisata favorit bagi para pengunjung yang ingin menghabiskan akhir pekan bersama dengan keluarga dari hiruk pikuk perkotaan.

“Luar biasa amazing, perjalanan kita sampai ujung tebing di bawah dan itu menguji kita punya jantung masih kuat atau tidak, tapi luar biasa karena udaranya sangat sejuk, jadi kita bisa menikmatinya,” ungkap salah satu pengunjung bernama Dewi Tonglo.

Untuk sampai bukit eksotik tersebut, Anda harus menempuh wilayah pegunungan dengan jarak sekitar 20 km dari Makale ibu kota dari Kabupaten Tana Toraja, atau sekitar 1,5 jam perjalanan dengan menggunakan mobil.


Sayangnya akses jalan menuju bukit tersebut masih rusak parah. Disarankan untuk datang saat musim kemarau, agar tidak memakan waktu yang lebih banyak lagi dijalan. Pastikan juga untuk berangkat saat matahari belum terbit atau sekitar jam 5 pagi dari Makale, agar Anda bisa melihat pemandangan awan di Tana Toraja selama perjalanan.

Meski memakan banyak waktu di perjalanan, akan terbayarkan dengan pemandangan bukitnya yang hijau. Selain itu ada fasilitas lain seperti 2 gazebo untuk berfoto sambil menikmati pemandangan yang berada diatas bukit, sampai kawasan camping untuk para pengunjung yang berniat menghabiskan malamnya di tempat indah ini.

Sebagai pengalaman lain, Anda juga bisa menikmati hamparan bukit hijaunya dengan menunggang kuda yang ada di sana, seharga Rp25.000.

Bukit Ollon, Tana Toraja, Sulsel

(Foto: Instagram/@aldi_geri)

Sambil menikmati pemandangan indah di depan mata, kurang rasanya jika tidak menyantap makanan. Untuk itulah disarankan untuk membawanya dari rumah karena makanan disana akan sangat menguras kantong Anda lho!

Hingga kini asal usul di balik nama Tebing Romantis masih belum ada penjelasan pastinya. Adapun Bukit Ollon merupakan nama desa di mana bukit itu berada yaitu di Desa Ollon.

Namun asal usul lain dari Kecamatan Bonggakaradeng memiliki kisah unik yang harus Anda ketahui sebelum datang ke Bukit Ollon. Konon, nama Bonggakaradeng berasal dari nama seseorang yang berjasa di daerah tersebut, di mana dialah orang yang pertama kali menanam rotan hingga berakhir menjadi batas wilayah tersebut.

Nah satu hal lagi yang tak boleh ketinggalan yaitu tidak membuang sampah sembarangan di sana dengan cara membawa kantong sampah sendiri dari rumah. Pastikan di manapun Anda berkunjung ke tempat-tempat indah, jangan sampai merusaknya dengan membuang sampah di sembarang tempat.




Sumber : OKEZONE.COM

0 comments: