Keren! Mobil Terbang Bakal Wara-Wiri 2024,ini Spesifikasinya

Jumat, Desember 16, 2022 Jarmani. S.Pd, M.Pd 0 Comments



Mobil terbang bakal di uji coba di Ibukota Negara (IKN) 2024. Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) dan Hyundai Motor Group sudah menandatangani nota kesepahaman (MoU) soal mobil terbang itu. Keduanya sepakat membangun ekosistem mobilitas cerdas Advanced Air Mobility (AAM) di Indonesia.

Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Mohammed Ali Berawi mengatakan mobil terbang ini nantinya untuk menjangkau daerah yang sulit ditembus kendaraan darat atau perairan.“Jadi nanti juga test dan uji coba nya di IKN di 2024. Penggunaannya sekitar 2035,” ujar Ali ditulis Satu Viral, Jumat (01/12).

Menurut Ali, kerjasama tersebut bertujuan untuk mengembangkan mobil terbang yang pertama di Indonesia. Sementara itu, konsep mobil terbang masih dalam pengembangan internasional.

“Jadi sudah ada tahapan-tahapannya. Langkahnya dimulai dengan joint research. Joint research. Kita berharap menjadi salah satu pusat pengembangan,” kata Ali.Bisa Angkut Orang dan Barang
Nantinya mobil terbang itu berbentuk seperti drone yang bisa mengangkut penumpang dan kargo. Salah satu fungsinya adalah untuk memudahkan menjangkau daerah yang sulit dijangkau melalui jalan darat dan perbukitan.Teknologi mobil terbang ini memang belum diproduksi secara massal. Karena itu juga membutuhkan banyak pengembangan. Selain itu, Ali mengatakan OIKN saat ini sedang mengembangkan teknologi yang dapat digunakan pada tahun 2035, termasuk mobil terbang.

Ali berharap Indonesia menjadi aktor pengembangan mobil terbang ke depan.

“Jadi kami bukan hanya membangun kota ini untuk tahun 2024. Saya juga membangun kota untuk tahun 2045. Sekarang kalau memikirkan mobil terbang, agak membingungkan, tapi 2035 sudah ada gambaran,” kata Ali.Minat Investasi IKN Melonjak
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan minat berinvestasi di IKN Nusantara meningkat 25 kali lipat sejak Agustus 2022. Hal itu terlihat dari banyaknya lahan yang diminati investor di Metropolis.

Basuki Hadimuljono mengungkapkan, kenaikan yang cukup besar sejak penawaran pertama pada Agustus 2022 lalu. Dari semula seluas 38 hektar, permintaan kini mencapai 965 hektar.


“Dalam rangka mengembangkan minat investasi IKN, telah menambah total lahan yang disediakan pada saat sosialisasi awal Agustus 2022 sebanyak 25 kali lipat. Semula hanya 38 hektar menjadi 965 hektar,” ujarnya Rapat dengar pendapat dengan Komisi V DPR RI pada Senin (28 November 2022).

Basuki juga merinci bidang-bidang yang diminati investor lahan. Pertama, berinvestasi pada fasilitas pendidikan seluas 41 hektar yang berlokasi di Distrik IKN 1B. Ini terdiri dari universitas, sekolah internasional, sekolah komprehensif swasta, dan lembaga penelitian swasta.

Kedua, investasi pembangunan sarana sanitasi seluas 29 hektar. Terdiri dari rumah sakit umum nasional dan rumah sakit lainnya.

Ketiga, investasi perumahan seluas 155 hektar di Zona 1A dan Zona 1B. Di Zona 1B, akan dialokasikan untuk kawasan pemukiman.

Ada pula Investasi fasilitas perkantoran jasa dan niaga seluas 14,4 hektar meliputi perkantoran BUMN, retail outlet dan department store. Area mixed-use yang ditanamkan di KIPP seluas 16 hektare berada di area high-density mixed.

Sumber :berita.viral.com

0 comments: