Kisah Sukses Chef Arnold Poernomo, Dulu Tukang Cuci Piring Sekarang Jadi Chef Ternama

Kamis, Desember 15, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

https: img.okezone.com content 2022 12 14 455 2726895 kisah-sukses-chef-arnold-poernomo-dulu-tukang-cuci-piring-sekarang-jadi-chef-ternama-dQ6BDGovwq.jpgKisah sukses chef arnold poernomo (Foto: Instagram)

JAKARTA – Mengintip kisah sukses Arnold Poernomo yang merintis kariernya dari tukang cuci piring hingga sekarang menjadi chef ternama dan mempunyai bisnis sendiri.

Sebelum sukses seperti sekarang, Chef Arnold telah melalui rintangan dan perjuangan yang dapat menginspirasi banyak orang, khususnya kaum muda.

Sejak kecil, tepatnya saat kisaran usia 3-4 tahun, Chef Arnold mengatakan sudah ikut membantu ibunya berjualan kue keliling di Surabaya.

"Nyokap gue dulu bawa rantangan di universitas, jual kue dan roti gitu. Gue ingat nemanin nyokap dulu naik becak. Kalau enggak salah umur 3 atau 4 tahun," kata Arnold, dikutip dari YouTube Boy William

Adapun keluarganya juga mulai membangun bisnis restoran, Namun, usaha itu tidak bertahan karena ada krisis moneter 1998.

Ya biasalah bisnis, salah partner dan lain-lain, terus sesuatu terjadi di 1998," ungkapnya.

Dikarenakan bisnisnya telah bangkrut, keluarga Arnold akhirnya memutuskan untuk pindah dari Surabaya ke Australia dengan biaya tiket dari tantenya.

Saat usianya yang ke-14 tahun, Chef Arnold memutuskan untuk masuk dunia kuliner, mengikuti jejak ibunya yang bekerja sebagai pastry chef.

Pekerjaan pertamanya adalah sebagai kitchen hand yang bertugas untuk bersih-bersih dapur di salah satu kafe Australia yang dekat dengan rumahnya.

Di Australia, Arnold juga pernah bekerja di 6 restoran sebagai kitchen hand, waitress, barista, bartender, dan koki.

Kemudian, setelah dirinya merasa sudah cukup mendapatkan ilmu di Australia, Chef Arnold memutuskan untuk kembali ke Indonesia dan bekerja di restoran yang terletak di Kuningan, Jakarta Selatan.

Tak lama setelah itu, dirinya diundang sebagai tamu di Master Chef season 2. Dari situ namanya mulai menjadi sorotan dan dikenal masyarakat. Bahkan dirinya ditawari untuk menjadi juri dari acara tersebut.

Pada tahun 2012, Arnold berhasil meraih penghargaan sebagai Best Young Chef. Setelah resmi menjadi celebrity chef, dirinya membangun bisnis kuliner, yakni restoran dan kafe pada tahun 2015.

Chef Arnold beserta ibu dan kedua saudaranya membuka dessert bar, yaitu KOI Dessert Bar di Sydney, Australia. Toko ini pun populer di kalangan turis dan masyarakat Australia. Bahkan toko ini menjadi salah satu destinasi setiap warga Indonesia yang datang ke Australia.

Berkat bisnisnya itu, Arnold dan kedua adiknya masuk ke dalam daftar anak muda terkaya versi Forbes, yakni Forbes Under 30 Asia.

Chef Arnold pun mengaku bahwa semua ilmu dan kemampuannya di bidang kuliner didapatkannya secara otodidak dari pengalaman selama bekerja, Dirinya tidak pernah mengikuti sekolah memasak atau mendapat sertifikat resmi sebagai koki.

Sumber : okezone

0 comments: