Mahasiswa, Begini Lho Cara Efektif Membaca dan Memahami Artikel Ilmiah

Sabtu, Desember 10, 2022 Jarmani. S.Pd, M.Pd 0 Comments



Bagi detikers yang berstatus mahasiswa, pasti tidak asing dengan artikel ilmiah. Dalam mengerjakan tugas-tugas kuliah, biasanya dosen mengimbau mahasiswanya untuk membaca artikel dalam jurnal penelitian sebagai referensi.

Pengertian artikel ilmiah sendiri mengacu pada informasi berisi data dan fakta yang diulas dengan metode tertentu yang bisa dipertanggungjawabkan.

Umumnya, artikel ilmiah berisi informasi yang akurat dan bisa ditelusuri kebenarannya, seperti disebutkan dalam buku Menulis Artikel Ilmiah tulisan Fitri Amilia.

Artikel ilmiah menjadi media komunikasi yang digunakan oleh dosen, mahasiswa, peneliti, dan ilmuwan untuk menyampaikan hasil kajian atau hasil penelitian.

Apa Fungsi Artikel Ilmiah?
Mengutip dari sumber yang sama, artikel ilmiah yang dipublikasikan secara online atau cetak berfungsi sebagai data, fakta, teori, dan temuan yang digunakan sebagai referensi, acuan, atau pembanding dalam melakukan kegiatan ilmiah, khususnya penelitian.

Perlu diingat, publikasi online harus memuat artikel ilmiah yang tentunya bebas plagiasi. Berkaitan dengan itu, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) membagikan sejumlah tips untuk mahasiswa agar dapat membaca dan memahami artikel ilmiah secara efektif.


Melansir dari unggahan Instagram @ditjen.dikti pada Jumat (9/12/2022), berikut pembahasannya.

Cara Efektif Membaca dan Memahami Artikel Ilmiah
1. Membaca abstrak terlebih dahulu
Yang pertama adalah membaca abstrak terlebih dahulu. Abstrak merupakan gambaran umum penelitian secara ringkas.

2. Baca bagian pendahuluan
Setelah membaca abstrak, detikers bisa mulai membaca pendahuluan. Pada bagian ini, dapat diketahui lebih dalam mengenai latar belakang, rumusan masalah, serta tujuan yang jadi alasan penulis melakukan penelitian tersebut.

3. Lihat gambaran model penelitian
Selanjutnya melihat gambaran model penelitian. Umumnya, gambaran model penelitian disajikan dalam bentuk diagram alur untuk memudahkan pembaca memahami penelitian.

4. Bacalah hasil dan kesimpulan
Hasil dan kesimpulan terdapat di bagian paling akhir. Nah, pada bagian ini biasanya terdapat temuan atau jawaban dari pertanyaan penelitian.

Nah, itulah pembahasan mengenai cara efektif membaca dan memahami artikel ilmiah. Semoga bermanfaat.



Sumber : detik.com

0 comments: