Mahasiswa UKRI Ciptakan Rompi Pintar untuk Berkendara, Fiturnya Beragam!

Sabtu, Desember 10, 2022 Jarmani. S.Pd, M.Pd 0 Comments



Empat mahasiswa Teknik Informatika Universitas Kebangsaan RI (UKRI) menciptakan alat keselamatan berkendara yang bisa digunakan untuk masyarakat luas. Inovasi mereka dinamakan dengan Drivy (Drive Safely Through Technology), yakni rompi pintar yang memiliki berbagai fitur canggih.

Keempat mahasiswa tersebut adalah Rosa Saiful Nugraha, Gilang Rusydi SP, Deden Nurmawarid, dan Deni Koswara.

Rompi pintar ini kemudian mempersembahkan juara pertama bagi empat mahasiswa tersebut dalam grand final Jasa Raharja Road Safety Innovation (JR-Rovation) kategori sains, Kamis (1/12/2022) di Ice Palace, Lotte Shopping Avenue, Jakarta.

Dilengkapi Sensor sampai Tombol Darurat
Rompi pintar karya mahasiswa UKRI tersebut difasilitasi dengan pengukur suhu tubuh dan detak jantung, sensor untuk mendeteksi posisi duduk pengendara, baterai isi ulang, tombol darurat, dan didukung mode seamless connectivity serta konfigurasi dan aktivasi perangkat menggunakan Drivy Apps.

"Big data yang nantinya terkumpul dari historikal pengguna dibantu AI akan menjadi bahan kebijakan pengambil keputusan di jajaran terkait," jelas Ketua Program Studi Teknik Informatika, Oscar Hadikaryana, dikutip dari laman Instagram kampus.


Oscar turut bertindak sebagai pembina tim. Menurutnya, teknologi yang dibuat oleh anak didiknya itu dikembangkan secara berkelanjutan sebagai komponen keselamatan di jalan raya. Jadi, alat ini bisa membantu menekan angka kecelakaan lalu lintas di Tanah Air.

Inovasi Drivy juga diharap bisa mencegah dari tindak kejahatan dengan cara memberikan informasi soal daerah berbahaya. Kelengkapan di dalamnya pun diharap bisa mendukung pihak kepolisian untuk mengetahui kejadian dan segera memberikan pertolongan.

Sementara, dari segi bisnis, alat keselamatan berkendara ini dikehendaki bisa membuka peluang bisnis. Jadi, nantinya bisa mendukung perekonomian di Indonesia.

Sebagai informasi, kompetisi JR-Rovation adalah program apresiasi untuk inovator muda dari kalangan mahasiswa di seluruh Indonesia atas inovasi dan partisipasi aktif untuk mendukung keselamatan berkendara.

Sumber : detik.com

0 comments: