Mark Zuckerberg Ikuti Elon Musk Serang Apple

Jumat, Desember 02, 2022 Jarmani. S.Pd, M.Pd 0 Comments



CEO Meta Mark Zuckerberg dan CEO Twitter Elon Musk ternyata punya satu kesamaan. Keduanya sama-sama tidak suka dengan cara Apple mengontrol App Store.

"Apple telah menonjolkan dirinya sendiri sebagai satu-satunya perusahaan yang secara sepihak mencoba untuk mengontrol aplikasi apa yang ada di perangkat," kata Zuckerberg saat berbicara di The New York Times DealBook, seperti dikutip dari CNBC, Jumat (2/12/2022).

"Saya pikir itu bukan tempat yang berkelanjutan atau tempat yang baik," sambungnya.

Zuckerberg kemudian membandingkan Apple dengan Google yang menurutnya lebih terbuka. Google memang mengizinkan pengguna Android untuk mengunduh aplikasi dari toko aplikasi lain selain Google Play Store, sedangkan Apple tidak.


"Mereka selalu membuatnya sehingga Anda bisa sideload dan memiliki toko aplikasi lain dan bekerja secara langsung dengan produsen ponsel," ujar Zuckerberg.

"Itu juga menjadi komitmen kami dalam membangun VR kami dan apa yang kami rencanakan dengan headset AR kami," sambungnya.

Pria berusia 38 tahun ini juga mengatakan ada konflik kepentingan dengan perusahaan yang mendistribusikan aplikasinya secara eksklusif lewat platform yang dikontrol oleh kompetitor. Menurut Zuckerberg, pemilik platform tersebut bukan "aktor netral" tapi juga memiliki kepentingan strategisnya sendiri.

Zuckerberg bukan satu-satunya bos media sosial yang mengkritik Apple pekan ini. Sebelumnya CEO dan pemilik baru Twitter Elon Musk juga menyerang Apple karena kebijakan moderasi kontennya serta aturan komisi hingga 30% yang diambil Apple dari setiap transaksi di App Store.

Musk juga mengklaim bahwa Apple mengancam akan mengeluarkan Twitter dari App Store. Tidak lama setelah menyerang Apple dan CEO Tim Cook, Musk mengaku sudah bertemu dengan Cook secara langsung dan menyelesaikan kesalahpahaman tersebut.

Sumber : detik.com

0 comments: