MediaTek Resmikan Dimensity 8200 dengan Ray Tracing

Sabtu, Desember 10, 2022 Jarmani. S.Pd, M.Pd 0 Comments



MediaTek meresmikan system on a chip (SoC) terbarunya yang bernama Dimensity 8200, yang diklaim bisa menghadirkan performa level flagship.

Chip ini dibuat menggunakan proses 4nm dan dilengkapi HyperEngine 6.0 yang mendukung Vulkan SDK untuk menghadirkan kemampuan ray tracing saat bermain game, dan juga peningkatan FPS serta optimasi smart resource.

Dimensity 8200 adalah produk pertama MediaTek yang memakai satu core kencang Cortex-A78 dengan clock speed 3,1 GHz, sementara tiga core kencang lainnya punya clock speed 3,0GHz. Sementara itu empat core Cortex-A55 efisiennya punya clock speed 2,0 GHz.

Fitur lain di SoC ini adalah prosesor gambar (image signal processor - ISP) Imagiq 785, yang mendukung foto berukuran 320MP dan menangkap video HDR 14-bit dari tiga kamera secara bersamaan.

Modem 5G telah terintegrasi di Dimensity 8200 yang sesuai teknologi standar 3GPP Release-16 terbaru, sedangkan dukungan 3CC carrier aggregation memperkuat kinerja pada frekuensi sub-6GHz. SoC ini juga mendukung Wi-Fi E tri-band untuk konektivitas nirkabel yang lebih cepat, sedangkan antena 2x2 memastikan penambahan performa dan keandalan koneksi.

"MediaTek Dimensity 8200 akan memperkaya pengalaman bermain game pada telepon pintar 5G premium juga menghadirkan gameplay yang lebih halus dengan frame rate tinggi, grafik mengesankan, dan konektivitas tanpa batas," kata CH Chen, Deputy General Manager Wireless Communication Business Unit di MediaTek.

"Selain itu, penambahan efisiensi daya Dimensity 8200 juga membuat konsumen tidak perlu mengorbankan masa pakai baterai untuk merasakan kinerja super tinggi," tambahnya dalam keterangan yang diterima detikINET.


Fitur tambahan dari Dimensity 8200 antara lain:

Unit pemrosesan AI yang kuat untuk memaksimalkan efisiensi tugas AI khusus dan pemrosesan fusi.
SDK Vulkan yang sangat efisien memberikan efek ray tracing yang lebih cepat dan lebih efektif.
Dukungan tampilan 120Hz WQHD+ dan 180Hz FullHD+.
Pengalaman menonton imersif dengan dukungan HDR10+ Adaptive, 4K AV1 media decoding, dan pemutaran video AI SDR-ke-HDR.
Kualitas audio luar biasa dengan teknologi Bluetooth LE Audio dan Dual-Link True Wireless Stereo Audio.

Sumber : detik.com

0 comments: