Misteri Air Terjun Nokan Nayan Kalimantan, Curug Tertinggi Tempat Bermukim Makhluk Halus

Senin, Desember 12, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Liputan6.com, Sintang- Kalimantan dikenal sebagai pulau yang memiliki seribu sungai. Bukan tanpa alasan, julukan tersebut akhirnya mampu menghadirkan kemegahan alam yang indah, salah satunya air terjun Nokan Nayan.

Berada di pedalaman hutan Kalimantan, Desa Deme, Kecamatan Ambalau, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, air terjun ini memiliki predikat sebagai curug tertinggi di Indonesia dengan ketinggiannya mencapai 180 meter. Tentunya sensasi suara yang dihasilkan dari air terjun ini akan menggelegar ketika memasuki wisata ini.

Namun di balik keindahan alamnya yang begitu menajubkan, ternyata tedapat misteri yang tersimpan. Air terjun tersebut dipercaya masyarakat sekitar sebagai tempat bermukim dari para makhluk astral atau makhluk halus.

Tak hanya itu, di sekitar destinasi wisata juga kerap kali dijumpai beberapa ritual yang diyakini memiliki nilai luhur bagi masyarakat sekitar. Untuk itu, para pengunjung biasanya diminta menghormati dan menaati beberapa pantangan yang telah disepakati.

Untuk yang ingin mengunjungi destinasi satu ini tentu saja dibutuhkan tenaga ekstra karena rute yang ditempuh cukup berat. Rutenya sendiri, pengunjung dapat memulai perjalanan pertama dari Kabupaten sintang menggunakan kendaraan ke Dusun Ukai.

Rute ke Air Terjun Nokan Nayan

Sesampainya di dusun tersebut, pengunjung akan berjalan kaki melewati hutan menuju Desa Nanga Menantak. Kemudian dilanjutkan menggunakan perahu menyusuri sungai Jongonoi menuju Desa Deme.

Bahkan untuk sampai air terjun tersebut, para pengunjung harus bejalan kaki kembali menyusuri hutan dan melintasi melintasi aliran sungai kecil. Maka, bagi pengunjung yang menyukai petualangan tentu saja mengunjungi Air Terjun Nokan Nayan akan memiliki sensasi tersendiri.

Bagi para pengunjung yang ingin masuk ke tempat satu ini tidak dipungut biaya, hanya saja harus mengeluarkan uang untuk kebutuhan akomodasi seperti jasa angkutan perahu dan kendaraan serta jasa penunjuk arah.

Melakukan perjalanan menuju ke air terjun Nokan Nayan memang sangat melelahkan. Namun, keindahan alam yang disajikan akan setimpal dengan kerja keras dan perjuangan yang pengunjung lalui.

Oleh karena itu, bagi pengunjung yang ingin berlibur kesini, siapkan fisik dan mental yang cukup dan pastikan untuk sehat jasmani dan rohani untuk merasakan sensasi menyusururi belantara hutan Kalimantan.


Sumber : liputan6

0 comments: