Pakar Teknologi Informasi Ungkap Etika di Media Sosial, Jangan Asal Posting, Ya!

Senin, Desember 19, 2022 Jarmani. S.Pd, M.Pd 0 Comments



Media sosial kerap menjadi media yang menggabungkan kehidupan pribadi dengan profesional. Agar tak tumpang tindih, ada etika dan etiket bermedia sosial yang perlu kamu pahami.
Dalam menavigasi media sosial, Pakar Teknologi Informasi Indonesia Richardus Eko Indrajit mengemukakan poin-poin penting dalam membagi media sosial untuk ranah personal dan profesional.

Hal ini berangkat dari kurangnya batasan-batasan di dunia digital. Master of Computer Science dari Harvard University itu mengemukakan generasi muda sering kali berusaha mengekspresikan diri tanpa melihat sekeliling.

"'Pokoknya saya cerita mengenai saya. Kalau situ marah kok ikut, yang penting saya mengekspresikan diri saya. Kalau gak suka dilewati aja.' Itu pemikiran anak-anak jadi is all about me, tidak tahu apakah pendapat itu mengganggu orang atau tidak," jelas Prof Richard dalam Seminar Hibrida Keadaban Publik: Etika Komunikasi dalam Masyarakat Digital di Gedung Perpustakaan Nasional Jalan Merdeka Selatan, Jakarta pada Jumat (16/12/2022) lalu.

Maka dari itu, Prof Richard menggarisbawahi poin-poin penting sebelum bermedia sosial baik untuk ranah personal dan profesional. Simak ulasan di bawah ini.

Etika dan Etiket di Media Sosial
Sebelum berselancar di media sosial, ada beberapa poin etika dan etiket yang perlu detikers tanyakan ke diri sendiri. Hal ini agar kamu bisa bermedia sosial dengan aman dan nyaman.

Nah, etika sendiri adalah baik benarnya suatu tindakan. Sementara etiket adalah sopan-tidaknya suatu tindakan. Yuk cek daftarnya.


Ranah Personal
1. Apakah ini semua tentang saya?

2. Apa saya sedang mengintai (stalking) seseorang?

3. Apakah saya mengirim spam kepada mereka?

4. Apakah saya melampiaskan atau mengomel?

5. Apakah saya bertanya sebelum saya menandai mereka dalam unggahan?

6. Apakah saya membaca sebelum berkomentar atau berbagi?

7. Apakah saya berterima kasih dan menunjukkan rasa hormat?

8. Apakah ini media yang tepat untuk menyampaikan pesan?

9. Apakah saya masuk ke akun yang benar?

Ranah Profesional
1. Apakah unggahan ini memenuhi Kebijakan Media Sosial?

2. Apakah ini bisa merusak reputasi perusahaan saya?

3. Apakah ini membantu pemasaran perusahaan saya?

4. Apakah saya bersikap terbuka tentang untuk siapa saya bekerja?



Sumber : detik.com

0 comments: