Pengertian hingga Keuntungan Menjadi Dropshipper, Ide Bisnis Era Digital Anti Resesi

Selasa, Desember 20, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

https: img.okezone.com content 2022 12 18 455 2729533 pengertian-hingga-keuntungan-menjadi-dropshipper-ide-bisnis-era-digital-anti-resesi-7kaKaLz3aO.pngApa Itu Dropshipper. (Foto: Okezone.com/Freepik)

JAKARTA - Dropshipper menjadi salah satu ide bisnis cemerlang yang anti resesi. Pasalnya pekerjaan ini memungkinkan penjual mendapatkan keuntungan dari barang yang terjual tanpa perlu melakukan stok produk, pengemasan dan pengiriman produk.

Skema bisnis dropship sangat sederhana bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja asalkan memiliki koneksi internet.

Saat ini banyak orang yang terjun ke bisnis dropship. Barang yang dijual pun sangat beragam mulai dari elektronik, kebutuhan rumah tangga, makanan, minuman, dan lain sebagainya. Saat ini juga banyak supplier yang menyediakan program khusus sebagai dropshipper.

Lalu apa itu dropship, bagaimana cara menjadi dropshipper, serta keuntungan dan kerugian menjadi dropshipper? Yuk kita simak penjelasan berikut ini.

Apa Itu Dropship?

Dropship merupakan sistem penjualan dimana penjual tidak perlu menyetok barang yang akan dijualnya. Nantinya penjual hanya perlu memasarkan produk supplier dan jika ada pesanan maka akan diteruskan ke supplier. Sehingga, penjual tidak perlu memproses produk tersebut.

Dropship seringkali disamakan dengan reseller. Namun, terdapat perbedaan di antara keduanya. Dropship tidak perlu menyetok barang di tokonya dan reseller perlu menyetok barang di tokonya. Perbedaan lainnya adalah dropship tidak perlu memerlukan biaya untuk modal dan reseller memerlukan modal dalam penjualannya.

Keuntungan Dropshipper

Dropshipper adalah pelaku yang menjalankan bisnis dropship. Dropshipper mendapatkan margin keuntungan dari selisih harga supplier dengan harga jual ke pelanggan. Dropshipper hanya bertugas mencari pelanggan melalui berbagai cara mulai dari mulut ke mulut sampai memasarkannya secara online.

Cara Menjadi Dropshipper

Anda dapat menjadi dropshipper dengan cara seperti berikut ini:

1. Menentukan Produk yang akan Dijual

Anda harus dapat menentukan produk yang akan dijual dengan sistem dropship. Ada baiknya untuk melakukan riset pasar terlebih dahulu untuk menentukan minat pasar.

Riset pasar membuat produk yang Juragan jual akan laris dan dengan begitu bisnis dropship Juragan akan berjalan lancar.

Pastikan juga Anda telah mengetahui seluk-beluk dari produk yang dijual. Misalnya, jika ingin berjualan kosmetik harus telah melalui uji klinis, izin edar, dan BPOM.

2. Mencari Supplier

Anda harus mencari supplier yang terpercaya dan telah ahli dalam bisnis dropship. Kenapa? Karena nantinya semua pesanan yang masuk akan diproses oleh supplier. Jika supplier tidak cekatan dalam memproses pesanan maka bisnis dropship akan macet.

Pertimbangkan juga harga jual dari supplier. Pilih dengan harga yang lebih murah karena akan dapat meningkatkan keuntungan. Ingat, jangan mematok keuntungan yang tipis karena akan menyebabkan kerugian jika ada kejadian-kejadian yang tidak diinginkan.

3. Membuat Akun Toko

Buat akun toko di marketplace untuk memasarkan produk yang akan dijual. Anda juga perlu mendekorasi toko online dengan baik seperti memberikan desain, copywriting, sistem penjualan, dan lain sebagainya. Seperti ini langkah-langkahnya.

- Punya Akun di Marketplace

Anda harus mempunyai akun Shopee, Tokopedia, atau marketplace lainnya terlebih dahulu sebelum memulai bisnis dropship.

- Pelanggan Memesan Produk

Horee.. Produk di toko online Anda telah dipesan oleh pelanggan. Yang harus Anda lakukan di tahap ini adalah mengecek apakah pelanggan tersebut benar-benar membeli produk, dengan jenis apa, warna apa, sistem pembayaran apa, dan alamatnya di mana.

- Memesan Produk ke Supplier

Setelah tahap pengecekan selesai silakan untuk memesan produk dari supplier yang telah dipilih.

- Mengisi Alamat Pelanggan

Selanjutnya isi alamat pelanggan dengan benar pada sistem checkout tersebut.

- Centang “Kirim Sebagai Dropshipper”

Biasanya fitur kirim sebagai dropshipper akan tersedia dan di sana Anda perlu menuliskan siapa pengirim produk tersebut. Isikan nama toko online Anda pada kolom tersebut.

- Pesanan Selesai

Setelah semua langkah telah dilakukan saatnya Anda memantau pesanan tersebut. Pastikan produk yang dipesan sampai ke tangan pelanggan dan jangan lupa untuk meminta review dari produk tersebut agar toko online Anda dapat mempunyai label bintang. Label ini membuat pelanggan baru yang akan memesan barang percaya kepada toko online Anda.

Cara Memproses Pesanan Dropship

Berikut adalah cara untuk memproses pesanan dropship jika pelanggan memesan melalui media sosial.

1. Pelanggan Membeli Produk

Setelah pelanggan membeli produk dan berhasil melakukan pembayaran, langkah selanjutnya adalah mereview apakah produk yang pelanggan beli stoknya tersedia. Jika tidak tersedia, Anda dapat mengkonsultasikan dengan pelanggan atau membatalkan pesanannya.

2. Menghubungi Supplier

Tahap selanjutnya jika barang yang dipesan pelanggan telah tersedia stoknya maka teruskan pesanan tersebut ke supplier.

Supplier akan memproses pesanan tersebut dan mengirimnya ke alamat pelanggan. Biasanya supplier akan mengirimkan resi pesanan kepada dropshipper yang selanjutnya diteruskan kepada pelanggan untuk memantau paket pesanannya.

3. Barang Dikirim Supplier dan Diterima Pelanggan

Setelah barang terkirim ke pelanggan, mintalah review terhadap barang yang dipesannya. Review akan meningkatkan kepercayaan pelanggan baru untuk berbelanja di toko online Anda.

Apabila barang yang diterimanya tidak sesuai atau rusak, Anda dapat mengajukan klaim kepada supplier. Biasanya supplier akan meminta bukti dari barang yang tidak sesuai tersebut.

Keuntungan Menjadi Dropshipper

Walaupun saat ini dunia tengah menghadapi ancaman resesi di tahun 2023, keuntungan yang bisa Anda rasakan saat menjalankan bisnis dropship adalah memiliki bisnis tanpa modal, bisa dilakukan dimana saja, mudah dijalankan, tidak perlu repot memproses pesanan, tidak perlu stok barang, dan produk yang dijual dapat bervariasi.

Kerugian Menjadi Dropshipper

Nah, perlu Juragan pertimbangkan kerugian berikut ini jika ingin menjadi dropshipper. Kerugian tersebut seperti, keuntungan yang diperoleh kecil karena harus dibagi dengan supplier, dropshipper harus memantau stok barang dari supplier agar tidak terjadi kekosongan di toko online Anda, dropshipper tidak bisa menentukan kualitas barang karena sangat bergantung kepada supplier.

Gunakan juga aplikasi BukuWarung untuk mencatat pemasukan dan pengeluaran bisnis dropship yang Juragan jalankan. Aplikasi BukuWarung dapat Juragan download di Play store dan App Store secara gratis. Aplikasi BukuWarung membantu Anda untuk mengelola keuangan usaha Juragan dengan lebih mudah tanpa perlu mencatatnya secara manual lagi.

Sumber : okezone

0 comments: