Perbedaan Akulturasi dan Asimilasi, Begini Penjelasan Lengkapnya

Selasa, Desember 20, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Ilustrasi/Okezone


Perbedaan akulturasi dan asimilasi akan dibahas pada artikel kali ini, sebab di zaman sekarang ini mengalami banyak perkembangan, salah satunya budaya ikut berkembang.

Banyak hal yang menyebabkan terjadinya perubahan budaya mulai dari, teknologi, globalisasi, dan salah satunya ketertarikan manusia terhadap budaya lain.

Percampuran budaya bagaikan pisau bermata dua, hal itu bisa menjadi positif atau negatif. Oleh karena itu, masyarakat harus bijak dalam menyikapi percampuran budaya.

Adanya percampuran budaya, baik dari budaya luar maupun budaya dalam negeri, memungkinkan untuk timbulnya budaya yang baru.

Sebelum masuk ke pembahasan ke dalam perbedaan akulturasi dan asimilasi simak pengertiannya.

Di Indonesia, percampuran budaya sering dikenal dengan nama akulturasi, sedangkan asimilasi adalah penyesuaian diri terhadap perubahan suatu budaya.

Sebelum masuk ke pembahasan ke dalam perbedaan akulturasi dan asimilasi simak pengertian akulturasi dan asimilasi di artikel Okezone.com.

Pengertian akulturasi dan contohnya

Akulturasi merupakan proses masuknya pengaruh kebudayaan asing dalam suatu masyarakat, sebagian menyerap secara selektif atau banyak unsur kebudayaan asing dan sebagian condong menolak pengaruh budaya tersebut.

Sederhananya, akulturasi adalah budaya asing yang masuk ke dalam budaya sendiri sehingga perlahan-lahan akan diterima oleh masyarakat tanpa menghilangkan karakter budaya sendiri.

- Rumah-rumah dengan gaya arsitektur China kuno

- Cerita wayang Mahabarata

Pengertian asimilasi dan contohnya

Asimilasi adalah proses sosial yang timbul bila ada golongan-golongan manusia dengan latar budaya yang berbeda-beda yang saling bertemu dalam waktu yang lama sehingga bisa menggantikan unsur-unsur kebudayaan yang lama dan digantikan dengan budaya baru.

Sederhananya, asimilasi adalah suatu perubahan budaya yang terjadi karena adanya individu atau kelompok yang mempunyai latar belakang berbeda yang hidup dalam lingkungan yang sama.

- Musik dangdut, sebab adanya campuran musik Melayu dan India.

- Penggunaan baju koko di Indonesia, awalnya pakaian ini identik dengan warga tiongkok, namun anggapan itu berganti dengan baju koko muslim pria seiring waktu berjalan.

Perbedaan akulturasi dengan asimilasi

Perbedaan ini terletak pada hilang atau tidaknya kebudayaan asli di kelompok masyarakat. Asimilasi merupakan peleburan yang menghasilkan kebudayaan baru.

Sedangkan akulturasi adalah percampuran kebudayaan tanpa menghilangkan kebudayaan aslinya. Keduanya memiliki dampak tersendiri bagi kehidupan bersosial.

Sumber : okezone.com

0 comments: