Sastrawan Remy Sylado Meninggal Dunia di Usia 77 Tahun

Selasa, Desember 13, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Kabar duka datang dari dunia sastra. Remy Sylado meninggal dunia pada Senin (12/12/2022).

Hal itu dikonfirmasi langsung oleh anggota DPR RI, Fadli Zon, dalam akun Twitternya, @fadlizon, pukul 10.51 WIB.

Ia mengungkapkan sempat berbincang dengan sastrawan 77 tahun itu saat menjenguknya yang terbaring lemah di ranjang.

"Selamat jalan Bang Remy Sylado," Fadli Zon.

"Baru beberapa hari lalu ngobrol tentang Elvis Presley dan manajernya, Tom Parker. RIP," lanjutnya.

Remy Sylado dan Fadli Zon. (Foto: Twitter @fadlizon)

Diketahui, Remy Sylado merupakan seorang sastrawan, dosen, novelis, penulis, penyanyi, aktor, dan mantan wartawan Indonesia keturunan Minahasa, Sulawesi Utara.



Sempat berkarier sebagai aktor, ia muncul beberapa film layar populer, seperti Tinggal Sesaat Lagi (1986), drama keluarga Akibat Kanker Payudara (1987), dan drama keluarga 2 dari 3 Laki-Laki (1989), seperti dikutip dari Wikipedia.

Bahkan, ia sempat mendapatkan apresiasi dan pujian yang membuatnya mendapatkan nominasi untuk Piala Citra di Festival Film Indonesia, ketiganya sebagai Aktor Pendukung Terbaik.

Ia juga aktif sebagai seorang penulis yang beberapa karyanya telah diadaptasi ke layar lebar. Salah satu film populer yang pernah dibuat berdasarkan tulisannya adalah Ca-bau-kan (2002) dari novel berjudul sama Ca-bau-kan: Hanya Sebuah Dosa (1999).

Remy Sylado juga mengajar beberapa perguruan tinggi di Bandung dan Jakarta, seperti Akademi Sinematografi, Institut Teater dan Film, Sekolah Tinggi Teologi.

Dia seorang poliglot, menguasai banyak bahasa. Dalam beberapa kesempatan, dia sering berpakaian serba putih sebagai ciri khasnya.





Sumber : OKEZONE.COM

0 comments: