Simak Ya! Ini Cara agar Pelanggan Repeat Order

Senin, Desember 19, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Repeat Order (Foto: Okezone)

 Para pelaku bisnis menginginkan kemajuan dalam bisnisnya. Kemajuan tersebut salah satunya adalah banyak pelanggan yang melakukan repeat order atau pembelian berulang yang dilakukan oleh pelanggan sama.

Hal tersebut sangat dinantikan bagi pelaku bisnis, kenapa? Karena dengan adanya hal tersebut mengindikasikan produk yang dijual disukai oleh pelanggan. Indikasi ini menandakan produk dapat bersaing dengan kompetitor dan disukai pasar.

Jika membicarakan tentang repeat order akan sangat banyak faktor yang memengaruhinya. Kualitas produk adalah salah satunya. Kemungkinan lainnya juga banyak dan hal tersebut sangat dinamis menyesuaikan masing-masing pelanggan.

 Para pelaku bisnis menginginkan kemajuan dalam bisnisnya. Kemajuan tersebut salah satunya adalah banyak pelanggan yang melakukan repeat order atau pembelian berulang yang dilakukan oleh pelanggan sama.

Hal tersebut sangat dinantikan bagi pelaku bisnis, kenapa? Karena dengan adanya hal tersebut mengindikasikan produk yang dijual disukai oleh pelanggan. Indikasi ini menandakan produk dapat bersaing dengan kompetitor dan disukai pasar.

Jika membicarakan tentang repeat order akan sangat banyak faktor yang memengaruhinya. Kualitas produk adalah salah satunya. Kemungkinan lainnya juga banyak dan hal tersebut sangat dinamis menyesuaikan masing-masing pelanggan.

Mereka para pelanggan akan melakukan pemesanan kembali apabila produk yang dibeli sesuai dengan apa yang dia harapkan. Pelayanan juga memengaruhi pelanggan untuk melakukan repeat order.

Pelayanan yang baik sangat disukai oleh pelanggan daripada yang asal-asalan walaupun produk yang dijual sangat dibutuhkannya, pastinya mereka akan beralih ke toko lain untuk membelinya daripada harus berhadapan dengan pelayanan yang buruk.

Keuntungan dari Repeat Order

Repeat order menimbulkan sisi positif kepada pemilik bisnis. Pasalnya, dengan banyak pelanggan yang melakukan pembelian lagi akan membuat arus kas perusahaan akan lancar dan stabil. Banyak pelaku bisnis yang menginginkan arus kas yang stabil salah satunya adalah pengaruh repeat order.

Keuntungan lainnya adalah memangkas biaya pemasaran. Dengan begini Anda tidak perlu menghabiskan dana untuk mempromosikan produk perusahaan kepada pelanggan baru. Hal yang bisa Anda lakukan adalah mengalihkan biaya pemasaran untuk pelayanan kepada pelanggan tetap Anda.

Misalnya, memberikan promo kepada pelanggan yang telah banyak melakukan transaksi atau memberikan pelayanan gratis. Hal sederhana tersebut akan mempertahankan pelanggan untuk selalu melakukan repeat order di toko Anda. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir terhadap kompetitor yang melakukan berbagai macam strategi untuk menarik pelanggan barunya.

Produk Repeat Order Tinggi

Terdapat beberapa produk dengan repeat order tinggi. Produk ini berasal dari kebutuhan pokok untuk keseharian. Misalnya produk susu bayi, kosmetik, makanan, sabun, listrik, pulsa, dan kebutuhan lainnya.

Produk-produk ini sering mendapatkan pembelian lagi. Namun, jika produk yang Anda jual bukan merupakan kebutuhan pokok tidak perlu kuatir berlebihan. Anda bisa menjual produk tersebut dengan harga yang tinggi dan dibarengi nilai unik dari produk tersebut.

Misalnya, produk furniture kayu jati. Produk tersebut unik karena membutuhkan keahlian khusus untuk mengukir dan tidak setiap furniture menghasilkan bentuk ukuran yang sama persis. Intinya tujuan dari repeat order adalah mendapatkan keuntungan yang stabil dan besar dalam arus kas perusahaan.

Beberapa hal yang perlu kami garis bawahi adalah jangan idealis untuk menjual produk yang sepi peminat. Misalnya produk koper, piala dan lainnya. Jika Anda ingin memeroleh arus kas perusahaan yang baik dan lancar harus menerima perubahan zaman dan menyesuaikan dengan permintaan pasar.

Tips Membuat Konsumen Repeat Order Produk Kita

1. Penjual Harus Memberikan Pelayanan yang Baik

Semua pelanggan akan senang apabila pelayanan yang diberikan sangat baik dan menguntungkannya. Sederhananya seperti menyambut mereka di depan pintu dan menanyakan kebutuhannya.

Hal yang bisa Anda lakukan adalah sabar, telaten, dan unik dalam mendampingi pelanggan Anda. Walaupun pelanggan tersebut tidak pasti membeli setidaknya Anda telah memberikan aura positif kepadanya. Bisa saja lain waktu mereka akan mendatangi toko Anda atau merekomendasikannya kepada teman dekatnya.

Ingat, pembeli adalah raja. Slogan tersebut tampaknya bisa Anda jadikan sebagai patokan pelayanan untuk pelanggan Anda. Mereka akan bisa membuat bisnis Anda bangkit atau bangkrut. Jangan remehkan kekuatan pelanggan, ya. Perlakukan pelanggan seperti raja tetapi, juga ingat akan batasan-batasannya.

2. Memberikan Kesan Menarik Pada Produk

Produk is the king. Sebutan ini cocok untuk produk agar dapat terjual secara kontinyu atau repeat order. Produk yang menarik akan memengaruhi psikologi pelanggan. Misalnya, kemasan yang unik dan gampang diingat.

Jangan perhitungan berlebihan atau pelit dalam memberikan kemasan kepada pelanggan. Pasalnya, pelanggan akan suka dan tidak merasa malu jika memberikan produk Anda kepada temannya sebagai hadiah atau bingkisan.

Sediakan dana khusus untuk kemasan produk Anda. Kemasan yang baik akan meningkatkan jumlah produk terjual dan bahkan akan membuat pelanggan melakukan pembelian kembali.

3. Disiplin dalam Stok Produk dan Pengiriman

Agar produk mendapatkan repeat order yang bisa dilakukan Anda adalah memastikan stok tersedia setiap saat. Stok yang tersedia membuat pelanggan tidak kabur ke kompetitor Anda. Jika sudah kabur dan nyaman ke kompetitor maka akan menjadi tantangan baru untuk perusahaan Anda.

Pengiriman produk yang tepat waktu juga merupakan tips untuk meningkatkan repeat order. Bayangkan saja jika di hari estimasi produk sampai ternyata tidak tidak kunjung sampai di rumah padahal produk tersebut akan segera digunakan oleh pelanggan. Tentunya mereka akan ogah untuk melakukan pembelian kembali.

4. Optimalkan Promosi

Mengoptimalkan promosi bisa Anda lakukan untuk menjaga pelanggan agar tetap melakukan repeat order. Promosi yang bisa Anda lakukan adalah memberikan bonus produk tertentu untuk sejumlah pembelian.

Lakukan juga promosi yang memfokuskan testimoni pelanggan Anda. Testimoni tersebut akan menarik pelanggan baru. Pelanggan tersebut merasa percaya dan cocok dengan apa yang Anda tawarkan.

5. Gunakan Teknik Retargeting 

Pernahkah Anda mengetahui teknik retargeting? Jika belum pernah maka sangatlah beruntung Anda membaca artikel ini. Retargeting adalah teknik untuk merayu pelanggan Anda terkait produk yang pernah mereka lihat sebelumnya.

Misalnya, Anda mencari sepeda gunung pada Google. Nantinya, jika Anda membuka media sosial atau sejenisnya akan tampil sepeda gunung yang telah Anda cari sebelumnya. Retargeting inilah salah satu tips untuk meningkatkan penjualan.

Demikian penjelasan dari BukuWarung tentang apa itu repeat order, keuntungan, tips dan produk dengan repeat order tinggi. Produk, pemasaran, dan layanan yang baik kepada pelanggan menjadi kunci untuk mendapatkan repeat order. Selain hal tersebut ada lagi yang membuat pelanggan melakukan pembelian kembali yaitu manajerial perusahaan sehat. Manajerial yang sehat membuat tujuan perusahaan akan tercapai dengan mudah.

Salah satu aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk manajerial bisnis adalah BukuWarung. Aplikasi BukuWarung akan memudahkan Anda melakukan pencatatan, pembukuan, hingga mengontak supplier dengan mudah. Download gratis aplikasi BukuWarung di Playstore secara gratis sekarang juga!

1. Modal Usaha Rumah Makan

Semua jenis usaha memerlukan modal sebagai awalan menjalankan bisnis. Untuk modal usaha rumah makan yang diperlukan bervariasi.

Sebaiknya Anda menyiapkan modal usaha rumah makan yang cukup dalam hitungan bulan, seperti dalam rentang 3 sampai 6 bulan.

Cara yang Anda dapat lakukan untuk memastikan modal usaha dapat terpenuhi bisa dengan mencari rekanan bisnis, meminjam dari koperasi sekitar atau perbankan, atau meminjam ke institusi pelayanan keuangan.

Untuk sektor perbankan, berdasarkan informasi dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia untuk Kredit Usaha Rakyat (KUR), terdapat banyak bank penyalur yang tersedia.

BukuWarung memiliki fitur pinjaman solusi modal usaha yang dapat membantu Anda menjalankan usaha bisnis Rumah Makan secara mudah, aman, dan nyaman yang telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

2. Tipe Menu Makanan yang Dijual

Dua poin penting dalam bisnis Rumah Makan adalah jenis makanan yang dijual dan harga jualnya. Kedua hal ini saling mempengaruhi antara satu sama lain.

Jenis makanan apapun yang memiliki cita rasa tersendiri dapat mempengaruhi harga jual yang ditawarkan ke konsumen.

Pilihlah jenis makanan sesuai dengan minat dan keahlian, namun juga perlu melihat siapa saja kompetitornya dan bagaimana kondisi lingkungan serta permintaan atas makanan tersebut di tempat Anda berjualan.

3. Pemilihan Bahan Baku

Bahan baku yang dipilih dapat menyesuaikan dengan modal awal yang dimiliki.

Namun Anda juga perlu mengetahui jenis bahan baku apa saja yang dapat diprioritaskan sehingga dapat memperhitungkan jumlah stok bahan baku yang diperlukan.

Demi menjaga ketersediaan stok bahan baku bisnis rumah makan, Anda disarankan untuk mempunyai supplier terpercaya. Jika masih belum punya, Anda bisa temukan pilihan suppliers di Tokoko by BukuWarung. Cukup dengan buka aplikasi, Anda bisa langsung belanja stok tanpa repot ke pasar atau supermarket.

4. Operasional Karyawan

Untuk menghasilkan cita rasa masakan yang khas dan pelayanan jasa kuliner yang nyaman, Anda memerlukan tenaga kerja yang handal.

Peran tenaga kerja dalam urusan dapur meliputi kemampuan dalam memilih bahan baku yang pas dan kecekatan dalam proses memasak.

Proses pelayanan yang sopan dan cepat kepada pelanggan juga penting untuk membangun citra rumah makan yang baik.

5. Pengelolaan Utang Usaha

Contoh usaha usaha kuliner yang gagal salah satunya adalah manajemen keuangan yang kurang baik. Bisa disebabkan pengelolaan utang yang berantakan – baik utang dari Anda ke supplier bahan baku atau utang pelanggan ke Anda, atau akibat uang keluar masuk yang berceceran.

Biar arus kas usaha rumah makan Anda lancar, yuk coba fitur Pencatatan Utang di aplikasi BukuWarung.

6. Alat Pembayaran

Biar pelanggan makin nyaman jajan di usaha kuliner Anda, variasi metode pembayaran yang disediakan sangatlah penting.

Selain pembayaran cash, alangkah baiknya Anda juga menyediakan metode pembayaran digital yang lebih memudahkan pelanggan seperti QRIS, e-wallet, dan mobile banking.

Melalui pembayaran digital, Anda juga tidak perlu untuk menyiapkan uang kembalian.

Tipe pembayaran yang bervariasi berpotensi menjadi penglaris usaha kuliner di mana adanya kemungkinan transaksi penjualan yang meningkat.

7. Promosi Rumah Makan

Tidak harus menggunakan biaya yang banyak dengan melakukan iklan, Anda bisa memulai dengan membuat sosial media dan secara konsisten buat promo menarik dan memberikan postingan yang informatif.

Selain itu, kesabaran juga menjadi kunci sukses dalam upaya pemasaran Anda karena hasil yang di dapat tidak selalu datang dalam waktu yang cepat.

Demikianlah 7 tips sukses usaha bagi Anda yang memiliki usaha kuliner. Anda dapat memanfaatkan BukuWarung sebagai aplikasi keuangan UMKM yang lengkap, yang menyediakan layanan pembayaran secara praktis.

Terdapat juga fitur pembayaran QRIS, pencatatan keuangan usaha, penyediaan program Solusi Modal Usaha dengan biaya admin yang rendah dan proses pengajuan yang cepat, hingga Fitur Talangin Dulu dengan jumlah saldo atau kredit sesuai pilihan dan bisa pilih tenggat waktu yang tersedia


Sumber : okezone.com

0 comments: