Tambah Cuan dengan 14 Bisnis Online yang Bisa Dijalankan dari Rumah

Senin, Desember 19, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

https: img.okezone.com content 2022 12 18 455 2729342 tambah-cuan-dengan-14-bisnis-online-yang-bisa-dijalankan-dari-rumah-ZkZZQPqYGs.png
Bisnis Online yang Bisa Dijalankan dari Rumah. (Foto: Okezone.com/Freepik)

JAKARTA - Kebanyakan orang memanfaatkan internet untuk menunjang komunikasi dan sarana hiburan. Tahukah bahwa internet dapat membuka peluang bagi untuk memulai bisnis digital yang bisa dijalankan dari rumah?

Berikut cara mendapatkan pundi-pundi Rupiah secara online dan bisa dilakukan dari rumah:

1. Toko Online

Cara yang pertama untuk mendapatkan uang secara digital adalah membuka toko online. Saat ini, masyarakat terutama muda-mudi lebih sering berbelanja secara online. Kemudahan dan kepraktisan membuat orang-orang beralih dari cara belanja konvensional.

Untuk berjualan bisa gunakan platform marketplace yang cukup populer di Indonesia, seperti Tokopedia, Shopee, Lazada maupun Bukalapak. Tetapi, jika ingin memiliki toko online sendiri, sebaiknya gunakan WordPress sebagai basic. Tambahkan plugin WooCommerce untuk dapat melakukan transaksi seperti di e-commerce.

Ada beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan dalam membuat e-commerce sendiri, yaitu:

Dapat diakses dari berbagai platform

Mudah dipahami oleh pengguna

Memiliki halaman khusus untuk promosi

Ada banyak pilihan cara pembayaran

2. Menjadi Social Media Influencer

Influencer menjadi peluang bisnis baru di tengah maraknya pemakaian media sosial. Orang yang menjadi influencer memiliki kewajiban untuk memengaruhi masyarakat melalui tindakannya di dunia maya. Saat ini hampir semua perusahaan menggunakan jasa influencer karena dinilai lebih efektif dibandingkan iklan seperti biasanya.

Syarat untuk menjadi influencer adalah memiliki pengikut atau followers yang jumlahnya banyak. Influencer sangat cocok nih, sebagai ide usaha untuk yang lebih suka beraktivitas dari rumah.

Bagaimana cara atau langkah yang harus dilakukan untuk menjadi influencer?

Tentukan bidang yang akan menjadi fokus Anda

Buat konten yang sesuai dengan bidang yang Anda pilih

Ciptakan pola komunikasi yang efektif dengan pemirsa

Membangun reputasi atau citra yang baik

3. Afiliasi

Program afiliasi adalah salah satu bentuk kerja sama dengan sebuah perusahaan dalam melakukan promosi. Apabila Anda berhasil mengajak orang untuk membeli atau menggunakan produk dari sebuah perusahaan, Anda akan mendapatkan komisi.

Contoh bisnis afiliasi yang paling sederhana adalah menggunakan kode referral. Anda akan mendapatkan bonus tertentu apabila berhasil mengajak orang menggunakan suatu aplikasi dan memasukkan referral dari Anda.

Bisnis ini bisa dikatakan bisnis yang tidak memerlukan modal. Anda sebaiknya melatih kemampuan komunikasi dan cara meyakinkan orang lain untuk sukses di bisnis ini.

4. Membuat Kursus Online

Apakah ahli di suatu bidang dan ingin berbagi ilmu? Yuk, manfaatkan ilmu Anda untuk membuat kursus online. Anda bisa membuat website atau aplikasi kursus sendiri layaknya RuangGuru yang saat ini tengah naik daun.

Bagaimana membuat kursus online Anda menarik di mata masyarakat?

Pilih satu tema yang akan menjadi fokus pembahasan dalam kursus Anda.

Usahakan untuk memilih topik yang sedang banyak dicari.

Buatlah konten yang unik dan mengundang perhatian.

Sediakan banyak pilihan pembayaran untuk membuat pengguna merasa lebih nyaman.

5. Menjual Tema dan Plugin

Saat ini perkembangan website sangat cepat, bahkan digunakan hampir di seluruh lapisan masyarakat. Namun hal ini tak diiringi dengan peningkatan kemampuan pengembangan website. Sehingga masyarakat lebih memilih untuk menggunakan tema dan plug in yang sudah jadi.

Kondisi ini dapat Anda jadikan sebagai ladang bisnis. Terutama untuk Anda yang memiliki kemampuan coding dan fokus pada pengembangan website. Plug in dan tema yang Anda buat bisa dipasarkan melalui marketplace seperti ThemeForest.

6. Desain Grafis

Desainer grafis saat ini menjadi salah satu peluang bisnis online yang cukup ramai. Desainer banyak dibutuhkan oleh perusahaan dan industri menyusul budaya digitalisasi yang tengah marak. Untuk mendapatkan pekerjaan terkait, Anda dapat bergabung dengan situs-situs freelancer.

Selain itu, Anda juga bisa menjual desain karya Anda di website seperti Shutterstock dan Freepik. Anda akan mendapatkan komisi dari setiap karya yang diunduh.

7. Menjadi Content Creator

Content creator sekarang ini menjadi salah satu profesi yang cukup digemari, terutama anak muda. Untuk saat ini ada 2 jenis media content creator yang cukup populer. Yaitu podcast dan juga YouTube. Kita bahas salah satunya, yaitu YouTube. Platform ini dapat mendatangkan keuntungan bagi siapa saja yang memenuhi persyaratan.

Di Indonesia sudah banyak contoh Youtuber sukses seperti Atta Halilintar, Ria Ricis, dan masih banyak lagi. Untuk mendapatkan uang dari YouTube, Anda bisa mendaftarkan diri di Adsense. Selain itu, Anda juga bisa menjadi influencer di platform berbagi video yang satu ini.

8. Menjual Produk Dropship

Dropship merupakan cara berjualan tanpa modal dan tanpa harus memiliki stok barang. Jadi, Anda hanya berperan sebagai penghubung antara konsumen dengan supplier. Anda akan mendapatkan keuntungan dari selisih harga barang yang Anda tawarkan dengan harga yang supplier tawarkan. Inilah langkah-langkah untuk memulai bisnis dropship:

Tentukan jenis produk yang akan dijual

Memilih supplier yang reputasinya baik

Menentukan platform untuk berjualan

Menyusun strategi promosi

Dalam menjalankan bisnis dropship, Anda diharuskan mengelola keuangan dengan baik. Bukan tanpa alasan, karena dengan pengelolaan yang baik, Anda akan lebih mudah mengembangkan bisnis Anda.

Anda bisa gunakan aplikasi pencatat keuangan BukuWarung untuk memudahkan Anda mengatur dan mengelola keuangan Anda. Untuk menggunakannya Anda bisa dapatkan secara gratis di Play Store.

9. Blogger

Selain menjadi YouTuber, Anda juga bisa menjadi seorang blogger untuk mendapatkan penghasilan dari internet. Sumber penghasilan seorang blogger pun secara umum terbagi menjadi dua macam, yaitu hasil dari iklan yang dibayarkan melalui Adsense dan menjadi influencer.

10. Berjualan Software

Anda punya kemampuan untuk mengembangkan software atau aplikasi? Hasilkan peluang bisnis baru dengan kemampuan Anda itu. Untuk mendapatkan uang, Anda bisa bergabung di situs freelancer untuk mendapatkan pekerjaan. Selain itu, Anda juga bisa mengembangkan aplikasi secara mandiri dan mengunggahnya di App Store maupun Play Store.

11. Membuka Jasa Online Coaching

Anda akan mendapatkan bayaran dari konsumen yang mengikuti coaching. Apa saja yang perlu dipersiapkan untuk memulai jasa online coaching?

Tentukan target pasar yang tepat dan sesuai dengan kapasitas Anda

Siapkan perangkat seperti laptop dan jaringan internet yang memadai

Buat jadwal

Membuat materi untuk disampaikan

Menjual Foto Secara Digital

Memiliki hobi fotografi? Unggah hasil jepretan Anda ke situs seperti:

Shutterstock

iStockphoto

Etsy

Foto Anda akan dimuat di laman situs tersebut setelah memenuhi persyaratan. Pelajari masing-masing situs karena mereka memiliki standar yang berbeda. Dengan mengunggah karya di 3 situs tersebut, Anda akan mendapatkan komisi dari pembelian foto. Semakin banyak diunduh akan semakin besar pula keuntungan yang Anda dapatkan.

12. Kontes Desain Online

Kalau memiliki kemampuan desain grafis, cobalah untuk mengikuti sayembara atau kontes pemilihan desain. Ada beberapa situs yang dapat Anda coba, antara lain:

99designs

LogoMyWay

DesignCrowd

Apabila Anda memenangkan kontes, Anda akan mendapatkan bayaran sesuai yang dijanjikan.

13. Menjadi Penulis

Konten berupa artikel masih menjadi senjata yang cukup ampuh untuk menarik perhatian pengguna internet. Oleh sebab itu, perusahaan masih menggunakan langkah ini untuk membuat warga net tertarik dengan produknya. Manfaatkan kesempatan ini untuk menjadi seorang penulis konten. Anda bisa mendapatkan pekerjaan sebagai penulis dengan cara bergabung di situs freelancer dan menemukan pekerjaan menulis yang cocok untuk Anda.

14. Berjualan e-Book

Saat ini e-book menempati posisi yang sama dengan buku fisik. Bagaimana tidak, saat ini hampir semua orang memiliki gawai, sehingga membaca e-book menjadi sebuah budaya baru.

Kalau punya keahlian di satu bidang dan suka menulis, cobalah untuk menjual e-book. Sebelum memutuskan untuk menulis buku digital, sebaiknya Anda ikuti langkah di bawah ini:

Pilih topik yang berguna namun belum banyak dibahas

Buatlah desain sampul e-book yang menarik perhatian

Ubah format menjadi PDF

Tentukan marketplace untuk berjualan

Menyusun strategi promosi yang tepat

Untuk memudahkan Anda berjualan ebook secara online, jika menggunakan WhatsApp, Anda bisa gunakan BukuWarung Link WhatsApp. Fungsinya akan mengubah nomor Anda menjadi sebuah link, jadi nanti pembeli Anda tidak perlu lagi mengetik nomor WhatsApp, tinggal klik link saja.

Setelah membaca hingga akhir, peluang bisnis digital mana yang Anda pilih? Apa pun pilihan Anda, persiapkanlah dengan matang sebelum berkecimpung pada sebuah bisnis.

Sumber : okezone

0 comments: