Ternyata Ini Alasan Magelang Dijuluki Kota Sejuta Bunga

Jumat, Desember 02, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


MAGELANG termasuk destinasi populer di Jawa Tengah. Ada begitu banyak tempat wisata yang jadi sasaran wisatawan, tapi paling masyhur tentu saja Candi Borobudur. Selain itu, Magelang juga terkenal dengan julukan Kota Sejuta Bunga. Dari mana asal-usulnya?

Melansir dari laman resmi Dinas Kebersihan, Pertamanan, dan Tata Kota (DKPTK) Kota Magelang, julukan Kota Sejuta Bunga ini merupakan bagian dari program yang dicanankan Pemerintah Kota Magelang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2011-2015.

Dalam rencana tersebut, Pemkot magelang dituntut untuk melakukan perubahan yang lebih positif pada setiap tahap pembangunan di Magelang. Khususnya dalam perubahan wajah agar terlihat lebih indah.

Kemudian, muncul dan tercetuslah sebuah gagasan untuk menjadikan Magelang sebagai Kota Sejuta Bunga. Di mana setiap sudut kotanya Anda akan dikelilingi oleh bunga-bunga cantik yang memperindah wilayah satu ini.

Selain itu, julukan Kota Sejuta Bunga pun tak luput dari sejarah dari Magelang sendiri. Pada zaman Kolonial Belanda, wilayah ini pun dikenal dengan sebutan Tuin Van Java artinya kebun atau taman Jawa yang berarti semua tanaman termasuk hamparan bunga ada di Magelang.

Selanjutnya, apabila mengacu pada pemerintah Belanda pada 1936, julukan Tuin Van Java ini diberikan oleh salah seorang misionaris Belanda bernama Van den Heuvel. Ia datang ke Indonesia khususnya Magelang pada 1901.

Selain itu, Belanda menjadikan Magelang sebagai kota bunga karena letaknya berada di kawasan pegunungan. Udaranya terbilang dingin dibandingkan beberapa wilayah Jawa Tengah lainnya, sehingga mereka (Belanda) menganggap bahwa Magelang adalah kebunnya Jateng.



Tak hanya sekadar menyematkan nama saja, tapi julukan Magelang Kota Sejuta Bunga ini juga memiliki filosofi khusus. Bunga sendiri diartikan sebagai memberikan kesan yang indah, manfaat secara ekonomis serta sinergitas kehidupan.

Oh ya, meskipun kota ini terbilang kecil namun Magelang memiliki destinasi wisata yang menarik perhatian dan tak kalah menyenangkan dari wilayah Jawa Tengah lainnya. Bahkan beberapa diantaranya ada yang menjadi keajaiban dunia.

 Ilustrasi

Destinasi wisata di Magelang yang bisa Anda kunjungi adalah Candi Borobudur, Candi Mendut, Candi Pawon, Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Ketep Pas, Punthuk Mongkrong, Hutan Pinus Kragilan, Curug Silawe hingga Gereja Ayam yang sering dijadikan tempat syuting dan pemotretan.



Sumber :  OKEZONE.COM

0 comments: