Tips Begadang Nonton Final Piala Dunia 2022, Biar Besoknya Gak Lemes!

Kamis, Desember 15, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

tips begadang nonton final Piala Dunia, (Foto: Freepik)

LAGA final Piala Dunia 2022 dijadwalkan pada Minggu, 18 Desember 2022 pukul 22.00 WIB. Banyak orang ingin menyaksikan laga final tersebut, tapi dengan kondisi esok harinya, Senin harus kembali bekerja, kuliah, atau beraktivitas normal lain biasanya.

Begadang salah satunya karena menonton pertandingan sepak bola, memang pada akhirnya membuat seseorang kurang tidur. Menurut dr. Abi Noya, Medical Content Marketing Senior Manager Alodokter, kondisi kurang tidur bukan hanya bikin tubuh lelah, mengantuk sepanjang hari dan sering menguap keesokan harinya, hingga mengalami microsleep.

"Selain itu, kurang tidur juga bikin tubuh berisiko mengalami microsleep. Hilangnya kesadaran dalam waktu singkat atau beberapa detik yang bisa muncul sewaktu-waktu termasuk saat beraktivitas," ungkap dr. Abi, dikutip dari keterangan resminya, Rabu (14/12/2022).

Akibat dari microsleep ini mencakup kesulitan atau hilangnya fokus, tidak mampu melakukan percakapan yang serius karena sulit memproses pembicaraan, mudah melupakan kejadian yang baru terjadi sesaat sebelumnya. Sehingga berkurangnya kontrol terhadap postur tubuh yang ditandai dengan limbung dan kepala seolah terjatuh tiba-tiba.

Tapi tenang, agar begadang nonton final Piala Dunia 2022 tidak menyebabkan masalah di atas, ada tips yang bisa dilakukan untuk meminimalisasinya. Berikut uraian singkatnya, seperti dijelaskan dr. Abi Noya.

1. Pastikan tubuh terhidrasi sepanjang hari: Menjaga hidrasi berarti memastikan tubuh mendapat cukup asupan cairan harian. Nah, untuk mencukupinya direkomendasikan mengonsumsi 8 sampai 10 gelas air mineral dalam sehari. “Ini akan membuat tubuh tetap segar, tidak mudah lelah, dan fungsi otak pun dapat berjalan dengan baik, jadi bisa tetap fokus dalam menjalani aktivitas sehari-hari," kata dr. Abi

2. Konsumsi kopi secukupnya dan hindari alkohol: Sangat disarankan agar minum kopi secukupnya, yang memang punya peran sebagai stimulan bisa meningkatkan fokus, energi, semangat, dan mengusir kantuk, tapi kalau dikonsumsi berlebihan justru bikin dampak buruk bagi tubuh. Konsumsi kopi berlebihan akan membuat kita susah tidur dan beristirahat, yang pada akhirnya bikin mudah merasa lelah. “Selain itu, untuk menjaga produktivitas, daya konsentrasi, dan kesehatan secara umum, sebaiknya hindari minuman beralkohol apalagi dalam jumlah berlebihan,” saran dr. Abi

3. Olahraga ringan: Tujuannya supaya tetap berstamina dan penuh semangat, sebelum memulai pagi disarankan untuk lakukan olahraga ringan, seperti jalan kaki dan stretching, dan lebih baik lagi jika dilakukan di bawah sinar matahari dan paparan udara segar.

4. Konsumsi suplemen multivitamin: Selain mencukupi asupan nutrisi dari makanan bergizi seimbang, bisa juga mengonsumsi suplemen multivitamin untuk menjaga imunitas dan stamina. Suplemen yang direkomendasikan adalah vitamin B, C, D, dan beberapa mineral yang bermanfaat bagi tubuh.

5. Hindari konsumsi gula berlebih: Saat tidur, tubuh memproduksi hormon leptin dan ghrelin. Dua hormon yang berfungsi mengendalikan lapar dan kenyang dalam tubuh. Namun ketika kurang tidur, hormon jadi tidak seimbang termasuk dan ini membuat kita jadi kelebihan hormon ghrelin, sehingga perut jadi mudah lapar.

Tak heran, ketika begadang, ada kecenderungan untuk ingin terus makan terus. Siasati dengan cara menghindari mengonsumsi makanan yang banyak mengandung gula, seperti permen, makanan cepat saji, soda, dan minuman kemasan lainnya. Lebih baik siapkan camilan sehat sebelum menonton pertandingan seperti buah, yogurt rendah lemak, salad, kacang-kacangan, edamame rebus, atau smoothies sehat tanpa tambahan gula atau perasa yang harus dikonsumsi dalam jumlah yang sewajarnya.

Terakhir, dr. Abi mengingatkan agar segera tidur begitu pertandingan bola berakhir. Saat mengantuk keesokan harinya, jika memang bisa luangkanlah waktu untuk tidur siang. Hal ini bisa mengembalikan kondisi tubuh seperti sedia kala.

"Biarpun begitu, sangat tidak disarankan untuk begadang setiap hari, karena bisa mengganggu ritme sirkadian (siklus tidur-bangun alami tubuh), yang akkhirnya bisa memengaruhi cara berpikir dan berperilaku sepanjang hari," pungkas dr. Abi


Sumber : okezone.com

0 comments: