Tips Maksimalkan Tabungan untuk Tujuan Keuangan Jangka Panjang

Jumat, Desember 09, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Menabung dapat menjadi cara agar tujuan keuangan jangka panjang bisa tercapai. Foto: dok. Jenius

Melakukan perencanaan keuangan tak sekadar bermanfaat untuk mengelola cash flow bulanan. Kebiasaan ini juga berdampak pada kondisi finansial di masa depan.
Ya, bagaimanapun, kita tidak dapat memprediksi masa depan. Misalnya, ketika sakit atau terkena musibah, dana yang dikeluarkan bisa berjumlah besar. Karena itulah, mempersiapkan anggaran untuk jangka panjang perlu dilakukan agar dapat menjaga stabilitas keuangan.
Salah satu caranya adalah dengan menabung. Namun, meski tahu bahwa memiliki tabungan itu penting, tak sedikit orang yang lupa menyisihkan penghasilan bulanan. Alasannya beragam, mulai dari banyak keperluan lain atau sekadar habis membeli barang-barang yang diinginkan.
Agar tabungan dapat dimaksimalkan untuk tujuan jangka panjang, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Apa saja?

Tetapkan tujuan menabung

Sering dianggap sepele, ternyata menetapkan tujuan menabung dapat membuat Anda lebih disiplin menyisihkan penghasilan. Pilih tujuan yang spesifik dan realistis.
Misalnya, melunasi KPR lebih cepat, mengumpulkan dana pendidikan anak, atau menyelesaikan tagihan-tagihan kartu kredit.

Simpan tabungan di rekening berbunga tinggi

Maksimalkan tabungan Anda di rekening yang memiliki bunga kompetitif. Ada banyak bank digital yang menawarkan fitur ini. Jenius dari Bank BTPN, misalnya.
Jenius memiliki fitur yang bisa dimanfaatkan untuk menabung, seperti Flexi Saver, Dream Saver, dan Maxi Saver. Untuk semakin memaksimalkan tabungan, Jenius juga memiliki program #FlexiRasaMaxi. Melalui program ini, Anda dapat menabung di Flexi Saver namun dengan keuntungan maksimal seperti yang ditawarkan Maxi Saver.
Dengan Flexi Rasa Maxi, Anda akan mendapatkan bunga di depan berupa hadiah langsung yang bisa dipilih sendiri. Mulai dari cashback, logam mulia, gadget/elektronik, hingga Toyota Alphard.
Hadiah-hadiah tersebut pun bisa langsung dibawa pulang di muka sebagai alternatif bunga, tanpa harus menunggu skema menabung rancanganmu di Flexi Saver selesai. Semakin tinggi saldo tabungan, semakin besar pula hadiah yang bisa didapatkan.
Misalnya, Anda memiliki dana di Flexi Saver sejumlah Rp50 juta. Kemudian, Anda mengikuti program #FlexiRasaMaxi dengan menempatkan seluruh dana, menguncinya selama 6 bulan, dan memilih hadiah cashback.
Nantinya, Anda berhak mendapatkan Rp 1 juta. Anda akan menerima cashback langsung ke Saldo Aktif akun Jenius terhitung maksimal 15 hari kerja setelah dana berhasil dikunci.
Lalu bagaimana bila uang tabungan tak mencapai Rp50 juta? Tenang, untuk mengikuti program ini, minimal tabungan yang harus dikunci adalah Rp10 juta. Info lengkap seputar skemanya, kamu bisa lihat di artikel bawah ini.

Sumber : kumparan.com

0 comments: