Tips Memilih Baju Ketika Thrifting

Kamis, Desember 15, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Banyak yang berpendapat bahwa membeli barang branded itu sangat mahal dan lebih memilih untuk membeli barang KW yang harganya relatif lebih murah dan juga hanya mementingkan gengsi. Namun ada barang branded yang ori tetapi dengan harga yang murah, contohnya kalian bisa coba untuk thrifting.
Takut salah memilih? Jangan khawatir ada beberapa tips untuk memilih dan membeli baju ketika thrifting serta ada juga rekomendasi tempatnya lho..
Tapi sebelum memulai tips memilih dan membeli baju ketika thrifting, yuk kenalin istilah thrift shop

Thrift Shop Itu Apa dan Kok Bisa Seseorang Lebih Tertarik dengan Thrift Shop?

Thrift shop sekarang ini sedang menjadi trend di berbagai negara. Tapi apakah kalian tau apa sebenarnya thrift shop itu? Menurut (OCBC NISP, 6 Juni 2022) mengatakan “Arti thrift shop adalah kegiatan jual beli produk fashion bekas, biasanya berupa pakaian. Namun tak hanya itu saja, barang yang dijual juga bisa berupa produk lain seperti tas, sepatu, dan aksesoris lainnya.” Tetapi meski thrift shop berasal dari barang bekas, jangan salah lho barang yang dijualkan ternyata masih layak dipakai dan merupakan barang import yang menjualkan dengan harga terjangkau.

Yuk Kenali Tips Memilih Ketika Membeli Baju Thrift

Sulit untuk memilih dan membeli baju saat thrifting? Gunakan beberapa tips berikut ini. Menurut (Berkeluarga.id, 22 Maret 2021) mengatakan
"1. Perhatikan warna dan noda
Pastikan jika warnanya masih cerah, tidak luntur, tidak kusam, dan masih layak untuk digunakan.
2. Perhatikan Jahitan
Sering kali beberapa orang kurang teliti pada jahitan baju yang ada, pastikan kalau baju yang kita beli tidak ada jahitan yang terlepas, karet yang melar, atau kancing yang hilang.
3. Hati-hati Brand KW
Tidak jarang ditemui pakaian KW yang dijual di thrift shop. Untuk itu perlu menghindari barang KW saat membeli baju di thrift shop adalah memahami karakter dan ciri khas dari merek yang kita incar. Pastikan detail dari barang yang pengin dibeli sebelum memutuskan pilihan.
4. Pikirkan Tentang Mix n Match
Jangan hanya tergoda karena desain yang lucu saja. Kita perlu pikirkan dipakai untuk momen seperti apa baju yang kita beli tersebut. Jangan sampai hanya memenuhi lemari saja.
5. Tawar Harga
Nah, ini salah satu tips yang menjadi kelebihan baju thrifting. Kita tidak perlu sungkan menawar harga, terutama jika kita menemukan cacat pada baju bekas tersebut. Hal ini bisa jadi alasan untuk meminta potongan harga, lho!” Berikut beberapa tips yang bisa kalian lakukan ketika memilih dan membeli pada ketika thrifting.bisa jadi alasan untuk meminta potongan harga, lho!” Berikut beberapa tips yang bisa kalian lakukan ketika memilih dan membeli pada ketika thrifting.

Thrifting juga Mempunyai Banyak Keuntungannya lho

Selain kamu suka membeli barang thrifting, ternyata thrifting juga mempunyai banyak keuntungan yang bisa kamu dapatin. Yuk simak beberapa keuntungan dari thrifting. Menurut (Nurul Olive, hipwee 11 April 2022) mengatakan “Keuntungan bagi kamu yang suka membeli atau menggunakan barang-barang bekas:
Dapat membeli banyak barang dengan harga murah;
2. Berkontribusi dalam menjaga kelestarian lingkungan;
3. Punya barang branded dengan harga murah;
4. Bisa menghemat pengeluaran untuk fashion;
5. Bisa dijadikan lahan bisnis.”
Ternyata tidak hanya mendapatkan barang branded dengan harga murah tapi thrifting juga sangat baik untuk kelestarian lingkungan karena barangnya yang berasal dari barang bekas yang masih layak dipakai dan juga thrifting cocok untuk yang ingin menjadikan bisnis.

Beberapa Tempat Rekomendasi yang Cocok untuk Thrifting

Nah, tidak hanya mendapatkan tips memilih ketika membeli baju thrifting, ini juga ada beberapa rekomendasi tempat yang cocok untuk thrifting. Menurut (Kompas.com, Ira Gita) mengatakan
“ 1. Pasar Senen
Berlokasi di Pasar Jaya Senen lantai 3.
2. Blok M Square
Kalian bisa mengunjungi toko thrifting di lantai 1 di Toko Fashion yang terletak di depan eskalator dan di lantai 3A.
3. Pasar Baru
Banyak toko di Pasar Baru juga menjual pakaian bekas layak pakai yang terletak di Metro Atom Plaza lantai 4.
4. Bintaro Plaza
Tidak hanya di Jakarta, toko thrifting juga bisa ditemukan di Bintaro Plaza, Tangerang Selatan. Lokasinya berada di sebelah store KFC. Namanya The Fashion.
5. CBD Ciledug
Ada beberapa toko thrifting yang masih bertahan seperti Risna Vi Fashion salah satunya yang terletak di lantai GF." Itu adalah beberapa rekomendasi tempat yang cocok untuk kalian thrifting, selain harga yang didapatkan murah dan barang yang dijualkan juga sangat bervariasi.
Menurut saya, saya lebih memilih untuk thrifting dari pada membeli barang yang palsu karena harga yang kita dapatkan dari thrifting itu relatif lebih murah serta kita juga mendapatkan barang branded bekas yang dijamin keasliannya asalkan kita bisa memilihnya dengan benar.
Jadi, dari beberapa tips di atas itu yang bisa kalian lakukan ketika memilih ketika membeli baju thrifting dan rekomendasi tempat yang bisa kalian datangi. Semoga bermanfaat buat kalian semua!! kapan lagi lhoo dapat barang branded dengan harga yang murah.




Sumber : kumparan.com

0 comments: