Tips Mengatasi Stres Kerja

Selasa, Desember 13, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Stres adalah sesuatu yang berasal dari eksternal dan internal pikiran orang lain. Stres akibat kerja memberikan dampak panjang kepada seseorang yang mengalaminya. Stres kerja ini dapat menyebabkan kesehatan mental. Selain menyebabkan kesehatan mental, stres dapat menyebabkan masalah serius bagi kesehatan fisik, seperti hipertensi, penyakit jantung dan lainnya.

Seseorang yang mengalami stres memiliki ciri-ciri, seperti marah, kesal, kreativitas yang menurun, inisiatif yang berkurang, relasi dengan rekan kerja yang buruk, kehilangan minat dan lainnya.
Stres di tempat kerja sering disebabkan oleh dorongan kerjaan yang berat. Dorongan pekerjaan yang sering di temukan, seperti tugas kerja yang banyak, jam kerja yang lama dan waktu menyelesaikan pekerjaan. Selain itu, ada beberapa faktor lain yang dapat menyebabkan seseorang merasakan stres kerja, seperti tidak mendapat apresiasi dari atasan, gaji yang rendah, diskriminasi di lingkungan kerja, tidak memperoleh fasilitas kerja yang memadai, hubungan yang tidak harmonis dengan rekan kerja dan rasa bosan terhadap pekerjaan.
Salah satu penyebab stres kerja adalah depresi. Lalu, bagaimana caranya kita mengatasi stres saat kerja agar kita menjadi lebih produktif dan dapat berjalan lancar?

Lalu, bagaimana mengatasi stres kerja?

1. Mengatur waktu dengan efisien

Ketika sibuk dengan pekerjaan, seseorang akan melupakan hal-hal penting yang seharusnya dikerjakan terlebih dahulu. Mengatur waktu disini adalah memprioritaskan segala sesuatu yang dianggap penting, Maka, dengan manajemen waktu secara efisien, hal ini akan berdampak pada kenaikan performa kerja akan lebih efisien dan konsisten.

2. Mengajukan cuti kerja

Terkadang bekerja menyebabkan kita lupa untuk berlibur. Dengan mengajukan cuti kerja kita tentu dapat menambah kreativitas diri dan performa diri. Liburan yang dimaksud adalah melakukan kegiatan yang bermanfaat, seperti mengikuti seminar, mengikuti organisasi dan lainnya.
Itulah beberapa cara mengatasi stres kerja. Jika stres di tempat kerja menganggu kinerja di kehidupan pribadi, maka disarankan untuk meminta bantuan ke psikolog. Semoga bermanfaat!

Sumber : kumparan.com

0 comments: