Unik! 5 Buah Asli Indonesia Ini Terlihat Mirip dengan Buah di Luar Negeri

Sabtu, Desember 10, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Apakah kamu sering memakan buah-buahan? Jika iya, maka sedikitnya mungkin kamu pernah merasakan satu atau dua buah asli Indonesia. Ya, kekayaan alam Nusantara memang bukanlah isapan jempol belaka. Begitu banyak buah-buahan yang lahir di Indonesia; seperti gowok, matoa, dan lain sebagainya.
Namun, hal yang menarik adalah, dari sekian banyak buah asli Indonesia, beberapa di antaranya ada yang mirip dengan buah dari luar negeri, lho. Kemiripan ini terlihat dari tampilan; seperti warna, bentuk dan ukuran, hingga rasa dari kedua buah berbeda tempat asal tersebut.
Oleh karena itu, mengutip dari berbagai sumber, kumparanFOOD telah merangkum 5 buah asli Indonesia yang mirip dengan buah luar negeri. Penasaran buah-buahan apa saja? Yuk, simak informasinya di bawah:

1. Gowok dan bluberi

Gowok adalah buah asli Indonesia, yang kerap dijumpai di beberapa daerah; seperti Yogyakarta, Jawa, Sulawesi, dan Kalimantan. Memiliki tampilan berwarna ungu pekat kehitaman dengan bentuk bulat, membuat buah ini sering disebut kembarannya blueberry.
Sedangkan, blueberry adalah buah yang berasal benua Eropa dan Amerika Utara. Sekilas antara buah blueberry dan gowok dinilai memiliki rasa yang juga hampir mirip; yaitu perpaduan asam dan sedikit manis, yang membuatnya segar untuk dikonsumsi pada siang hari.

2. Matoa dan lengkeng

Matoa adalah buah asli Indonesia yang berasal dari timur, Papua. Rasa dan aroma dari buah matoa sering kali dikaitkan dengan buah durian. Namun, bentuknya justru dinilai lebih mirip dengan lengkeng. Adapun, buah lengkeng diketahui berasal dari daerah subtropis, seperti China yang kemudian menyebar ke berbagai negara lainnya.

3. Kerben dan stroberi

Memiliki ukuran yang sama-sama kecil, berwarna merah, dengan perpaduan rasa asam dan manis membuat buah kerben dan stroberi begitu mirip satu sama lain. Padahal, kerben adalah buah asli Indonesia yang biasanya dijumpai di daerah Jambi atau Jawa Barat. Sedangkan stroberi adalah buah yang berasal dari benua Amerika, meskipun juga bisa berkembang di berbagai daerah dengan suhu yang dingin.

4. Keledang dan nangka

Siapa yang masih sering terkecoh kalau nangka berasal dari Indonesia? Faktanya, buah yang memiliki aroma khas ini diyakini berasal dari India, lho. Namun, Indonesia juga memiliki buah yang terlihat begitu mirip dengan nangka, yaitu keledang.
Dari tampilan, kedua buah ini terlihat mirip, dengan daging buah berwarna kuning bercampur oranye dan rasanya yang sama-sama manis. Namun, keledang adalah buah asli Indonesia yang biasanya dijumpai di Kalimantan. Hanya saja, buah ini mulai langka disebabkan oleh berbagai hal, termasuk lahan yang menyempit.

5. Mundu dan kesemek

Kesemek adalah buah yang berasal dari wilayah China, yang kemudian menyebar ke Jepang, Korea, dan berbagai negara lainnya. Sedangkan mundu, merupakan buah asli Indonesia yang kerap dijumpai di daerah Jawa dan Kalimantan. Meskipun, ada juga yang menyebut bahwa mundu ditemukan di negara lain, seperti Filipina.
Secara sekilas, kedua buah ini akan terlihat mirip satu sama lain, khususnya dalam hal bentuk dan warna. Akan tetapi, jika diperhatikan lebih detail, maka kamu baru bisa membedakan dua buah ini; yaitu mundu memiliki bentuk yang sedikit gepeng, sedangkan kesemek bulat memanjang.
Nah, kalau kamu sendiri, apakah sudah pernah makan buah-buahan unik di atas?

Sumber : kumparan.com

0 comments: