Uniknya Cetina, Sungai Indah di Kroasia Berjuluk 'Mata Bumi'

Kamis, Desember 15, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Sungai Cetina di Kroasia (Foto: mybestplace.com)

SUNGAI Cetina di Kroasia merupakan sebuah keajaiban alam. Memiliki bentuk dan warna yang indah, sungai ini dijuluki juga sebagai Mata Bumi. Ya, jika di lihat dari atas, bentuk mata air ini memang persis mata.

Mengutip dari Wikipedia, Cetina adalah sungai yang mengalir sepanjang 101 kilometer di Kroasia Selatan dan mencakup kawasan seluas 1.463 km.

Merupakan salah satu sumber sungai terpanjang di Dalmatia, Cetina memiliki bentuk yang indah dan warna yang luar biasa.

Sungai yang berjuluk 'Mata Bumi' ini merupakan salah satu keajaiban alam dengan lingkaran air biru kehijauan yang dikelilingi tanaman hijau. Mata air yang luar biasa ini memiliki kedalaman yang menawan dengan bentuknya yang lanskap dan bergelombang.

Bukan tanpa alasan Sungai Cetina disebut sebagai 'mata bumi', karena kemiripannya dengan bentuk mata. Memiliki ragam corak biru dan kehijauan, sungai ini terletak di Milasevo, yang berada di luar jalur utama dekat desa kecil bernama Cetina.

Sungai ini dapat ditemukan melalui jalan yang mengarah langsung dari gereja Ortodoks, tempat ibadah umat Kristen terbesar kedua di dunia yang berada di Eropa Timur.

Karena bentuknya yang unik, Mata Air Sungai Cetina atau Izvor Cetine, berasal dari air yang menyembur dan keluar dari bawah tanah sehingga membentuk kolam alami. Sekitar 105 km ke bawah air ini mengalir menuju laut Adriatik, di kota Omis, Kroasia.

Memiliki kedalaman yang luar biasa, sungai ini sangat populer bagi para pecinta olahraga ekstrem. Biasanya digunakan untuk arung jeram dan jelajah ngarai.Dalam beberapa tahun terakhir penyelam telah mencoba menentukan seberapa dalam Mata Bumi ini. Tapi, nihil semua gagal dan belum ada yang berhasil.

Menurut Institut Alam Kroasia yang mengelola Mata Air Sungai Cetina, penyelam telah mencapai kedalaman 155 meter (atau 508 kaki). Jadi, dapat disimpulkan bahwa mata air sungai Cetina bahkan lebih dalam dari itu.

Jika Anda ingin melihat keindahan Sungai Cetina, disarankan waktu terbaik untuk mengunjungi adalah pada hari yang cerah, karena itu adalah kondisi terbaik untuk melihat keindahan aslinya.

Tidak jauh dri sungai Cetina, terdapat pula sisa salah satu gereja Kroasia tertua yang berasal dari abad ke-9.


Sumber : okezone.com

0 comments: