Uniknya Pulau di Jepang Ini, Jumlah Penduduknya Lebih Sedikit dari Sapi

Senin, Desember 12, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Kuroshima atau Kuro Island, Pulau Sapi di Okinawa, Jepang. Foto: Shutterstock

Jepang tak hanya mencuri perhatian pada gelaran Piala Dunia Qatar 2022, setelah beberapa waktu lalu berhasil lolos ke babak 16 besar. Negara berjuluk Matahari Terbit itu nyatanya juga punya segudang atraksi wisata menarik mengejutkan traveler, salah satunya pulau ini.

Terletak di Okinawa, prefektur paling selatan Jepang, tepatnya di Kepulauan Yaeyama, pulau terpencil ini punya pesona tak biasa. Kalau biasanya sebuah pulau didominasi oleh jumlah penduduknya yang besar, Kuroshima atau Pulau Kuro justru lebih banyak dihuni oleh hewan, yaitu sapi.

Saking banyaknya sapi di pulau tersebut, pulau ini pun dijuluki dengan Pulau Sapi. Unik sekali, ya!
Dilansir Soranews 24, Kuroshima setidaknya dihuni lebih dari 2.860 ekor sapi. Jika sapi-sapi tersebut digembalakan, setiap satu orang setidaknya bisa memiliki 13 ekor sapi di pulau tersebut.
Karena jumlah sapinya yang lebih banyak dari penduduknya, Kuroshima pun menjadi atraksi wisata tersendiri khususnya bagi wisatawan yang mencintai hewan berkaki empat tersebut.

Pulau yang Dihuni Lebih Banyak Sapi

Mengutip laman resmi pariwisata Okinawa, Visit Okinawa Japan, Pulau Kuroshima memang menjadi rumah bagi sapi-sapi yang diternak oleh penduduknya. Berbeda dari peternakan pada umumnya yang mengharuskan sapi tinggal di kandang, para penduduk Okinawa justru memiliki cara ternak yang berbeda.

Sapi-sapi tersebut dilepasliarkan begitu saja di padang-padang rumput yang ada di sekitar pulau. Kontur pulau yang mayoritas memiliki banyak hamparan padang rumput, membuat Kuroshima menjadi pulau yang cocok untuk tempat tinggal sapi-sapi yang diternakkan.
Anak-anak sapi yang dibesarkan di Pulau Kuroshima tak hanya menjadi daya tarik wisata bagi pulau tersebut, tetapi sebagian dari mereka ada juga yang dijadikan sebagai suplai untuk dipasok ke seluruh Jepang.

Menariknya, ada satu acara yang dibuat para penduduk bagi mereka yang berkunjung ke pulau. Setiap tahunnya Pulau Kuroshima menggelar Festival Sapi.

Festival tersebut tak hanya menjadi ajang untuk menampilkan sapi terbaik di pulau itu, tetapi juga menjadi perayaan segala hal tentang sapi.
Para penduduk biasanya akan membuat sebuah pigura dan kemudian diarak ke sekitar pulau. Selain upacara arak-arakan, makan-makan bersama daging sapi, hingga undian berhadiah sapi juga biasanya digelar saat festival. Tak heran jika festival ini menjadi salah satu acara yang ditunggu-tunggu, baik oleh penduduk hingga wisatawan dari luar pulau.

Pesona Pulau Sapi

Selain jumlah sapi yang lebih banyak ketimbang penduduknya, Kuroshima juga dikenal sebagai Pulau Hati, karena bentuknya yang menyerupai sebuah hati.
Pulau tersebut juga mempunyai pemandangan yang indah. Pulau yang rendah dari polusi udara dan cahaya, membuat Kuroshima menjadi lokasi yang ideal untuk melihat bintang-bintang yang biasanya bisa terlihat dengan jelas pada bulan Desember hingga Juni.
Selain melihat bintang atau stargazing, kamu juga bisa mengunjungi pulau-pulau sekitar yang tak kalah indah, seperti Pulau Utaki atau mengunjungi pantai yang ada di sekitarnya.
Buat kamu yang ingin menginap, tersedia pula vila atau guesthouse yang disewakan untuk wisatawan.
Bagi kamu yang tertarik ke pulau ini, Kuroshima hanya bisa dijangkau melalui laut. Untuk bisa sampai ke pulau ini, kamu bisa naik kapal feri atau speedboat dari pulau terdekat, yakni Pulau Ishigaki. Perjalanan laut biasanya bisa ditempuh dengan waktu 25-30 menit.

Sumber : kumparan.com

0 comments: