Viral TKW Disekap di Arab Saudi, Keluarga Cemas Berharap Bisa Dipulangkan ke Indonesia

Selasa, Desember 13, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

https: img.okezone.com content 2022 12 13 525 2726062 viral-tkw-disekap-di-arab-saudi-keluarga-cemas-berharap-bisa-dipulangkan-ke-indonesia-M1WAtk6mb9.jpg
Viral TKW disekap di Arab Saudi (Foto: Tangkapan layar)

BANDUNG BARAT - Viral video belasan pekerja migran Indonesia (PMI) atau tenaga kerja wanita (TKW) terlantar dan disekap di salah satu penampungan di Riyad, Arab Saudi, Senin 12 Desember 2022. Salah satu PMI diduga berasal dari Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Dalam rekaman video amatir yang memperlihatkan belasan PMI terlihat dalam sebuah ruangan penampungan. Mereka diduga disekap oleh majikannya. 

Informasi yang diperoleh, total lebih dari 15 orang PMI yang terlantar dan berada di ruangan tersebut. Bahkan, video ini viral di sejumlah media sosial karena salah seorang korban meminta pertolongan pemerintah termasuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Salah satu perempuan yang disebut-sebut berada dalam video tersebut yaitu Halimah berusia 31 tahun, warga Kampung Andir, Desa Gudang Kahuripan, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Halimah dikabarkan disekap bersama PMI lainnya yang berasal dari Kabupaten Sumedang, Cianjur, Sukabumi, Karawang dan Indramayu.

Saat ditemui di kediamannya, pihak keluarga Halimah termasuk sang suami kaget.

Sang suami, Asep Saepulloh tak menyangka jika nama Halimah masuk dalam daftar PMI yang terlantar tersebut. Sebab, awalnya Halimah hanya meminta izin akan bekerja di Kota Bandung pada awal November 2022 lalu.

Namun, pihak kekuarga terkejut/ mendapatkan kabar via telepon dan berkomunikasi dengan Halimah tengah berada dan bekerja di Riyadh, Arab Saudi belum lama ini.

Padahal sama sekali pihak keluarga mengeluarkan izin untuk Halimah menjadi PMI. Sehingga diduga keberangkatannya ke Riyadh dengan cara ilegal.

Namun, mengenai informasi Halimah terlantar dan disekap, sang suami belum bisa memastikannya karena komunikasi terakhir, Halimah menyatakan dalam waktu dekat bakal pulang ke Indonesia.

Hingga hari ini, pihak keluarga sudah kesulitan untuk berkomunikasi dengan Halimah. Namun kabar terakhir, Halimah dalam proses izin adiministrasi kembali ke Indonesia.

Namun, belum bisa dipastikan waktu kembali ke Indonesia karena kekuarga sulit untuk berkomunikasi dengan Halimah.

Sementara Sekretaris Desa Gudang Kahuripan, Agus Bayu mengaku masih menelusuri informasi kebenaran mengenai warganya yang menjadi PMI ilegal dan terlantar di Arab Saudi melalui Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bandung Barat.

Sumber : okezone

0 comments: